Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

KIG Mediator Timbal Balik Komunikasi dan Informasi Penyelenggaraan Pembangunan

Sosial & Kemasyarakatan Kamis, 27 Februari 2020 - Oleh opt4

Pidie - Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh bekerjasama dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Pidie menggelar acara pembinaan dan pemahaman tentang pentingnya Kelompok Informasi Gampong (KIG) di Safira Hotel, Kamis (27/2/2020).

Acara pembinaan ini bertema "Pemberdayaan KIG Sebagai Penyebar dan Penyerap Informasi Masyarakat", yang diikuti oleh 40 peserta berasal dari beberapa desa wilayah Kabupaten Pidie.

Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, kearifan guna mondorong berkembangnya motifasi masyarakat dalam berpatisifasi sebagai mediator komunikasi dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan secara timbal balik dan berkesinambungan.

Asisten II Setdakab Pidie Buchari AP dalam sambutannya mengatakan, seiring dengan perubahan zaman saat ini Indonesia mengalami tantantangan, baik yang datang dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Perubahan masyarakakat dengan kemajuan dibidang teknologi sangat cepat, membuat arti informasi jadi sangat penting," sebutnya.

Buchari menyebutkan informasi yang tersebar menjadi persoalan yang dihadapi sehari-hari bagi masyarakat, oleh karena itu peren KIG sangat dibutuhkan, dimana peran kelompok ini bisa mengolah opini yang berkembang dimasyarakat, dikolaborasi dan ditelaah untuk disampaikan kepada pemerintah maupun sebaliknya.

"Informasi tersebar yang belum jelas sumbernya bisa disaring dan diolah oleh KIG, lalu memfilter selanjutnya baru disampaikan kepada masyarakat agar tidak salah dalam memahaminya," katanya.

Selain itu tambah Buchari, KIG ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengembangkan dan mepromosikan usahan, pariwisat dan potensi daerah lainnya, sehingga bisa untuk meningkatkan nilai tambah bagi pedesaan, tutupya. 

 

 

 

Sumber : https://diskominfo.acehprov.go.id/

 

Last Update Generator: 31 Mar 2020 18:01:42