Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Pemerintah Aceh Luncurkan Aplikasi HABA

IPTEK & Sains Sabtu, 15 Februari 2020 - Oleh opt4

Banda Aceh - Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meluncurkan aplikasi Halaman Berita Aceh (HABA) di Aula Meuligoe Wakil Gubernur, Jumat (14/2/2020).

HABA merupakan aplikasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai macam informasi tentang Aceh.

Dalam sambutannya, Nova mengatakan, kemajuan teknologi komunikasi saat ini sudah mengubah dunia menjadi kecil dan membuat dunia tidak lagi berbatas. Semua ini adalah implikasi dari kemajuan teknologi informasi yang bisa menjadi positif atau negatif bahkan mampu menghancurkan sebuah suku dan bangsa.

Begitu kecilnya dunia sehingga untuk sehingga untuk berkomunikasi antar negara pun sudah dapat dilakukan kapan saja, dimana saja dan siapa saja bahkan masyarakat yang paling rendah sekalipun. Komunikasi memang tidak membutuhkan biaya yang mahal justru relatif murah.

"Yang penting sudah terkoneksi internet, komunikasi akan sangat mudah dilakukan dan hampir semua teknik berkomunikasi dengan teknologi informasi berbasis internet, dengan bermodal telepon seluler yang ada di tangan kita juga dapat menambah pengetahuan mengetahui banyak hal serta peristiwa yang terjadi disudut manapun di dunia ini," jelasnya.

Fakta ini, lanjut Nova, menunjukkan bahwa era keterbukaan informasi merupakan hal yang tidak bisa dibendung dan ditutupi lagi. Kalau memang hal tersebut sebuah keniscayaan dan kebutuhan bagi semuanya.

Keterbukaan ini tidak hanya berkaitan dengan informasi data dan fakta berkembang di masyarakat tapi juga semua informasi yang ada di lembaga-lembaga resmi dan institusi pemegang kebijakan, khususnya di lembaga-lembaga pemerintahan, apapun kebijakan yang diterapkan pemerintah penyelenggara negara sepanjang tidak masuk kategori informasi rahasia maka layak disampaikan kepada masyarakat.

Informasi yang sifatnya dinamis sangat bermanfaat, oleh karena itu Pemerintah Aceh perlu meluncurkan aplikasi HABA dan melakukan terobosan yang mungkin dibutuhkan oleh masyarakat serta bisa efektif berhasil dengan baik.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfo) Aceh tentunya sudah mengagas dan mendesain aplikasi ini dengan baik. Aplikasi ini merupakan pusat data yang menampilkan berbagai informasi tentang pelayanan publik di Aceh.

"Kehadiran aplikasi ini kita harapkan sangat bermanfaat bagi konsumen atau masyarakat dalam aspek apapun yang mungkin dibutuhkan. Pemerintah Aceh juga berharap bisa mendapatkan feedback dan evaluasi, mudah-mudahan kita mendapat informasi yang penting dari masyarakat tentang apa yang sedang berkembang di tengah-tengah masyarakat sehingga dapat tukar menukar informasi. Dengan adanya aplikasi ini, semua orang menjadi pelaku aktif biar mengalirnya informasi yang bermamfaat bagi kita semua," ungkapnya.

Nova mengatakan, hal yang terpenting dari aplikasi HABA ini harus mendorong kinerja Pemerintah Aceh semakin efektif, profesional, efisien dan semakin mendatangkan outcome yang memang benar-benar dirasakan oleh masyarakat.

Kehadiran Dinas Kominfo Aceh ini penting bagi Pemerintah Aceh untuk memberi informasi yang benar bahwa sebesar-besar keuntungan apabila pemerintah berhasil dan sukses akan didapat oleh rakyat.(wn/jl)

 

 

 

 

Sumber : https://diskominfo.acehprov.go.id/

 

Last Update Generator: 31 Mar 2020 18:02:16