Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Plt Gubernur Serahkan Bantuan Korban Banjir Aceh Barat

Sosial & Kemasyarakatan Rabu, 20 November 2019 - Oleh opt4

Meulaboh -Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengunjungi sejumlah desa yang terendam banjir di Kabupaten Aceh Barat pada Rabu (20/11).

Kunjungan dilakukan untuk melihat langsung dampak banjir serta menyerahkan bantuan kepada para korban. Kunjungan pertama dilakukan ke Gampong Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan. Di sana Nova bertemu dengan para warga untuk mendengar langsung keluhan yang dihadapi warga.

Nova juga menyerahkan bantuan kebutuhan pokok yang diterima Keuchik Gampong Leuhan, Sofyan. Banjir di desa tersebut terjadi akibat luapan Krueng Meureubo, namun kondisinya telah surut dan hanya menyisakan sisa lumpur.

Peninjauan juga dilakukan ke Gampong Cot Amun, Kecamatan Samatiga. Di sana Nova juga berdialog dengan para warga dan menyerahkan bantuan kebutuhan pokok yang diterima oleh Pj. Geuchik, Zakaria.

Banjir genangan di desa itu sudah terjadi sejak sepekan lalu. Namun kondisinya belum sepenuhnya surut lantaran berada pada dataran rendah. Warga menjelaskan, banjir di desa itu diakibatkan permukaan sungai yang menyempit akibat dipenuhi eceng gondok.

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Barat telah menyebabkan meluapnya Krueng Woyla dan Krueng Meureubo sehingga membanjiri sejumlah desa dibeberapa kecamatan. Namun sebagian di antaranya telah surut.

Sementara itu, sehari sebelumnya Pemerintah Aceh juga telah menyalurkan bantuan melalui Dinas Sosial. Bantuan yang diangkut menggunakan tiga truck itu berisikan pangan untuk tiga kabupaten di lintas barat selatan Aceh. Adapun tiga kabupaten tersebut yaitu Aceh Barat, Nagan Raya dan Aceh Barat Daya (Abdya).

Di Aceh Barat, bantuan logistik itu diterima langsung oleh Bupati Aceh Barat, Ramli MS di halaman gudang logistik milik Pemerintah Aceh di kabupaten tersebut. Usai menerima bantuan, Ramli memerintahkan Kepala Dinas Sosial Aceh Barat Bismi bersama Tagana untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada masyarakat korban bencana banjir yang merendam sebagaian pemukiman warga di Kecamatan Woyla Barat.

Di Nagan Raya bantuan logistik juga diterima langsung oleh Bupati Nagan Raya Jamin Idham di halaman kantor bupati setempat. Nagan Raya yang juga sedang direndam banjir di Kecamatan Tripa Makmur diakui oleh Jamin Idham memang sangat membutuhkan pasokan bantuan dari Pemerintah Aceh, karena itu dia menagaku berterimakasih dan akan menyalurkan langsung bantuan tersebut kepada masayarakat korban banjir di Kecamatan Tripa Makmur.

Sementara di Kabupaten Abdya, bantuan logistik diterima oleh Wakil Bupati Muslizar yang berlangsung di halaman rumahnya. Muslizar mengatakan, Abdya adalah salah satu daerah yang rawan terkena bencana, baik itu bencana sosial, maupun bencana alam, untuk itu dia berterimakasih atas bantuan Pemerintah Aceh tersebut, apalagi stok logistik di gudang logistik milik Pemerintah Aceh di Abdya sudah mulai menipis.

 

 

Sumber : https://humas.acehprov.go.id/

 

Last Update Generator: 05 Dec 2019 12:01:35