Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Ketua Dharma Wanita Setda Aceh Ikut Deklarasi Germas Simeulue

Olahraga Minggu, 20 Oktober 2019 - Oleh opt4

SIMEULUE—Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sekretariat Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si memberikan dukungan penuh terhadap Komitmen Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Alun-alun Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Minggu (20/10).

Istri Sekda Aceh, dr. Taqwallah, M.Kes itu ikut membubuhkan tanda tangannya pada lembaran Komitmen Germas itu bersama Sekda Kab. Simeulue Ahmadliah, SH, Ketua DPRD Simeulue Irwan Suharmi, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanief, Kepala Dinas Kesehatan Simeulue Asluddin, SKM, M.Kes, para Asisten, dan kepala SKPK Simeulu lainnya.

Komitmen Germas itu yang ditandatangani bersama itu berisi komitmen melakukan aktifitas fisik/senam di tempat kerja setiap hari, menyediakan makanan lokal dan sehat pada setiap rapat/pertemuan, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala di Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu), menanam sayur, buah dan tanaman sehat keluarga (Toga) di pekarangan rumah, dan mengembangkan kawasan tanpa rokok di lingkungan kantor pemerintah, sekolah, dan tempat-tempat umum.

Sekda Kab. Simeulue Ahmadliah, SH, dalam pidato pembukaan acara Germas itu mengatakan sangat sepakat dengan poin-poin gerakan hidup sehat yang diprakarsai Dinas Kesehatan Simeulue dan Dinas Kesehatan Aceh itu. Bahkan ia menambahkan, di lingkungan rumah sakit, Puskesmas, Polindes, lingkungan perkantoran swasta, dan fasilitas umum pun perlu diterapkan kawasan tanpa rokok tersebut.

“Germas ini kami dukung dan seluruh lapisan masyarakat Simeulue harus memulai gerakan hidup sehat mulai hari ini,” himbau Ahmadliah.

Ia mengaku masih perokok berat sampai saat ini namun berjanji akan menguranginya secara bertahap. Ahmadliah, mengaku sering merasa risih saat mau merokok di tempat-tempat umum, seperti di area Bandar Udara. Ia harus menyingkir ke pojok-pojok untuk mencari tempat merokok tapi tidak mengganggu orang lain.

Bahkan, ia mengaku tetap risih merokok di ruang-ruang merokok yang disediakan di tempat-tempat umum. Rasanya tidak nyaman berada di ruangan sempit merokok dan lebih risih lagi saat diperhatikan orang lain.

“Para perokok semakin tidak mendapat tempat di ruang-ruang publik, dan lebih baik hindari rokok. Yang sudah kecanduan, mari mulai mengurangi bertahap untuk selanjutnya berhenti sama-sekali,” ajaknya.

Sementara itu, Kadinkes Aceh dr. Hanief, dan Kadinkes Simeulue Asluddin, SKM, M.Kes menyampaikan hal senada dalam pidato sambutannya. Kedua pejabat kesehatan itu sepakat menggalakkan Germas demi kesehatan masyarakat, mengurangi kematian ibu dan bayi, dan bahkan menanggulangi stunting.

“Alihkan uang beli rokok mulai sekarang untuk memenuhi asupan gizi bagi bayi dan Balita kita di rumah,” himbau Asluddin.

Acara yang dipusatkan di Alun-Alun Kota Kota Sinabang itu di awali dengan senam Germas oleh ratusan siswa dan masyarakat yang memadati lokasi sejak jam 06.00 wib.

Pejabat Aceh yang tampak hadir, selain Sekda Aceh dr. Taqwallah, M.Kes, Kepala Biro Tata Pemerintahan Setda Aceh Drs. Syakir, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanief, Kabag Humas/Jubir Pemerintah Aceh Saifullah Abdulgani, sejumlah pejabat Dinas Kesehatan Aceh, Kacab Disdik Aceh di Simeulue.

Sementara pejabat di Simeulu tampak hadir Sekda Kab. Simelue Ahmadliah, SH, para Asisten, Kepala Dinas Kesehatan Simeulue Asluddin, SKM, M.Kes, Kepala SKPK, dan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Simeulue lainnya, seperti Kepala Puskesmas, Camat, dan Direktur RSU Simeulue [*]

 

Keterangan Foto:
Disaksikan Kadinkes Aceh, dr. Hanief dan para pejabat setempat, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setda Aceh Safrida Yuliani, SE, Ak, M.Si menandatangani Komitmen Germas di Alun-alun Kota Sinabang, Kabupaten Simeulue, Minggu (20/10).

 

 

Sumber : https://humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 22 Oct 2019 00:00:19