Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Jabatan Penerangan Malaysia Mengunjungi KIM di Ujung Barat Indonesia

Pemerintahan Jumat, 20 September 2019 - Oleh opt4

SABANG - Dalam acara jamuan makan malam dengan Delegasi Jabatan Penerangan Malaysia di Kantor Gubernur Aceh pada Rabu malam (18/9), Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Aceh, Marwan Nusuf menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Aceh menyambut baik dan sangat antusias atas rencana kunjungan yang akan dilakukan untuk melihat langsung aktivitas Kelompok Informasi Masyarakat atau Kelompok Informasi Gampong (sebutan KIM di Aceh) di Kota Sabang.

Program kunjungan ini merupakan kegiatan resiprokal yang rutin dilakukan, melibatkan kedua negara yaitu Indonesia dan Malaysia sejak 1984. Menurut Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Selamatta Sembiring, tujuan awal dari kegiatan kunjungan ini adalah komunikasi sambung rasa. "Apa yang dirasakan Indonesia, dirasakan pula oleh Malaysia. Jika Indonesia bahagia, Malaysia ikut bahagia. Begitu juga sebaliknya, jika musibah menimpa Indonesia, maka Malaysia turut merasakannya dan ikut membantu dan mencari solusi bersama," tuturnya.

Namun seiring waktu, pertukaran kunjungan ini tidak lagi hanya sebatas komunikasi sambung rasa, melainkan pertukaran informasi atau pengetahuan di bidang komunikasi dan informasi, salah satunya mengenai pengelolaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di masing-masing negara.

Delegasi Jabatan Penerangan Malaysia yang diketuai oleh Mohammad Salmun tiba di Sabang bersama keempat orang anggota delegasi lainnya dengan didampingi oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo, Selamatta Sembiring dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Aceh, Marwan Nusuf pada Kamis (19/9). Sesampainya di wilayah ujung barat Indonesia tersebut, dengan menaiki kapal ekspres bahari selama 45 menit dari Banda Aceh, rombongan kemudian disambut oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Sabang dan Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang untuk kemudian selanjutnya diantar mengunjungi sejumlah Kelompok Informasi Gampong (KIG). Beberapa KIG terpilih di Kota Sabang yang dikunjungi oleh delegasi Malaysia adalah KIG Kuta Ateuh, KIG Bateeshok dan KIG Jaboi.

Pada lokasi kunjungan terakhir yakni di Taman Pasi Jaboi, dilakukan dialog antara pihak Kementerian Kominfo dan pihak delegasi Malaysia dengan para kechiek dan KIG se-kota Sabang. Dalam dialog tersebut, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik menyampaikan bahwa penting bagi para pegiat KIG dengan didukung oleh Kechiek di masing-masing desa atau gampong untuk terus meningkatkan keahliannya demi kualitas taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik dan berdayaguna.

Sementara dari pihak delegasi Malaysia mengutarakan kekagumannya terhadap semangat yang dimiliki para KIG di Kota Sabang. "Teman-teman di sini begitu semangat dalam melakukan kegiatannya secara kreatif dan mandiri. Produk-produk berupa kerajinan tangan dan makanan olahan yang dihasilkan juga sangat baik," ungkapnya.

Ditambahkan oleh Selamatta Sembiring bahwa penggunaan TIK dalam kegiatannya akan sangat bermanfaat bagi KIG, karena jika mereka dapat memasarkan produk-produknya melalui website misalnya, maka bukan tidak mungkin bahwa hasil karya masyarakat Sabang akan dikirim dan dikenal di seluruh dunia.

Terakhir, Ketua Delegasi Jabatan Penerangan Malaysia, Mohammad Salmun menyampaikan apresiasi yang besar atas sambutan luar biasa yang diberikan oleh seluruh KIG dan Kechiek di Kota Sabang. Sebagai bentuk timbal balik dan upaya senantiasa menjalin silaturahmi, dalam beberapa waktu ke depan pihak Malaysia akan mengundang perwakilan KIM di Indonesia untuk melakukan kunjungan balik ke Pahang, Malaysia.

 

Last Update Generator: 19 Oct 2019 18:03:31