Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

LPABKA Gelar Seminar Pendidikan Inklusi Anak-Anak Istimewa

Pendidikan & Pelatihan Kamis, 29 Agustus 2019 - Oleh opt4

Banda Aceh - Lembaga Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus Aceh (LPABKA) mengelar seminar "Pentingnya Peran Pemerintah dan Masyarakat Dalam Mendukung Pendidikan Inklusi Bagi Anak-Anak Istimewa Dalam Mengapai Cita-cita Menuju Kemandirian" di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis (29/8/2019).

Pendidikan inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa, untuk mengikuti pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

Istri Sekda Aceh Syafrida Yuliani dalam sambutannya mengatakan, berdasarkan Undang Undang nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang mengamanatkan perlunya satu pendidikan khusus bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Tidak semua peserta didik yang berkebutuhan khusus bisa mengikuti pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB), banyak dari mereka layak sekolah di sekolah biasa. Sekolah inklusi ini layak untuk diterapkan disemua tingkatan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

Di beberapa wilayah Aceh saat ini kebijakan sekolah inklusi sudah berjalan secara bertahap, hal ini diperkuat dengan adanya Peraturan Gubernur Nomor 92 Tahun 2012, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Aceh, ujarnya.

Pergub tersebut merupakan penjabaran dari UUPA nomor 11 Tahun 2006, pada pasal 217 ayat 2, yang menyebutkan bahwa Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota wajib menyediakan pendidikan khusus bagi anak didik yang memiliki kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, serta memiliki potensi kecerdasan yang dapat istimewa.

"Dengan adanya kebijakan ini maka dibutuhkan langkah efektif dalam mengakomodir seluruh peserta didik yang berkebutuhan khusus di sekolah-sekolah umum," sebutnya.

Ia berharap masyarakat dapat mendukung program ABK agar mampu mengantar mereka menjadi mandiri dan sukses dalam menghadapi masa depan, seperti yang telah disaksikan bersama dalam penampilan ABK tadi mereka tak kalah bagusnya dengan anak lainnya. (hy/ri)

 

 

Sumber : https://diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 21 Sep 2019 06:01:39