Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Pekan Inovasi Upaya Strategi Penyebarluasan Informasi Masyarakat

Umum Selasa, 09 Juli 2019 - Oleh opt4

Bener Meriah - Bupati Bener Meriah Sarkawi membuka acara pekan inovasi pemberdayaan masyarakat dan gampong Se-Aceh tahun 2019 juga dibarengi dengan acara hari keluarga PKK ke-47 dan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXVI di Lapangan Umah Pitu Ruang Bele Atu Selasa (9/7/2019).

Acara ini bertema "melalui pekan inovasi pemberdayaan masyarakat dan gampong serta hari keluarga kita tingkatkan budaya gotongroyong, kreativitas masyarakat menuju gampong yang islami, mandiri, maju, sejahtera serta cinta keluarga".

Acara tersebut merupakan upaya strategi untuk menyebarluaskan informasi masyarakat dan gampong yang mendapat memberi nilai tambah kepada masyarakat. Tujuannya untuk menampilkan perkembangan potensi sumber daya alam dan keunggulan di kampung-kampung dan menambah wawasan masyarakat demi peningkatan pembangunan di gampong-gampong.

Rangkaian kegiatan ini yang pertama meliputi gelar teknilogi tepat guna (TTG), yang terdiri dari pameran teknologi tepat guna, lomba inovasi TTG, penilaian TTG unggulan penilaian stand TTG terbaik dan pameran produk unggulan badan usaha milik gampong (BUMG).

Kedua bulan bakti gotongroyong masyarakat dan hari kesatuan gerak PKK serta hari keluarga nasional terdiri dari pencanangan bulan bakti gotongroyong bakti sosial tim penggerak PKK Aceh dan Bener Meriah, penanganan lansia, penanganan kesehatan gigi dan mulut, kesehatan balita dan kanker servik, pembinaan parenting dan pelayanan KB.

Sarkawi dalam sambutannya mengatakan, pada acara ini banyak sekali kegiatan dan persembahan seni-seni dari peserta seluruh Aceh dan pameran dari peserta stan.

"Mereka akan menampilkan inovasi menarik tehnologi tepat guna hasil dari karyanya yang siap untuk ditampilkan dan dipelajari cara penggunaannya oleh pengunjung," sebutnya.

Sarkawi menyebutkan pada HARGANAS, ada tema yang sangat bagus yaitu cinta keluarga cinta berencana. Dengan tema tersebut keluarga menjadi pondasi kehidupan.

"Keluarga berencana juga menjadi keluarga sejahtera, bahagia mandiri dan bisa menjamin masa kedepan untuk anak-anak," harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Bukhari mengatakan kegiatan ini sebagai forum untuk masyarakat yang mandiri serta bermatabat dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan menumbuh kembangkan kreativitas. Sedangkan haluannya untuk memperkenalkan teknologi unggulan secara visual maupun dalam bentuk yang nyata.

"Efeknya masyarakat dapat memperoleh informasi serta manfaat yang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk diberbagai sektor usaha serta meningkatkan jaringan pemasaran yang lebih luas," jelasnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Aceh Sahidal mengatakan HARGANAS diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemicu bagi keluarga Indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Peringatan Harganas tahun ini masih sama dengan sebelumnya karena mengedepankan keikutsertaan keluarga dan mencerminkan penerapan 4 (empat) pendekatan ketahanan yaitu Keluarga Berkumpul, Keluarga Berinteraksi, Keluarga Berdaya serta Keluarga Peduli dan Berbagi. (jl/ri)

 

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 Jul 2019 06:02:39