Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Jambore Kader PKK Momentum Menggalakkan Kembali Semangat Berkoperasi

Pemerintahan Kamis, 11 Oktober 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh - Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah membuka Jambore Kader Tim Penggerak PKK Aceh 2018 dengan tema Keberadaan PKK untuk Menggerakkan Kehidupan Berkoperasi sebagai Pilar Ekonomi Rakyat di Taman Ratu Safiatuddin, Kamis (11/10/2018).

Dalam sambutannya Nova mengatakan pelaksanakan jambore khusunya untuk kader PKK sesuatu yang positif dan menganut ke taatan azasan berdiri dibawah payung hukum perundan- undangan untuk menghasilakn sebeuah prestasi.

"Saya yakin dan mendukung ini akan menghasilkan prestiasi dan akan berdiiri paling depang sebagai benteng ketahanan nasional," katanya.

Nova mengajak untuk dan menggalakkan kembali tentang NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera), karena hal tesebut selaras dengan program pokok PKK yang dapat meningkatkan daya tahan sebuah keluarga terhadap serangan-serangan negatif seperti narkoba, radikalisme dan serangan-serangan yang bisa melemahkan bangsa.

Menurut Nova, tema Jambore kali ini sangat relevan dengan kondisi Aceh saat ini di mana Pemerintah Aceh sedang giat-giatnya menjalankan program “Aceh Kaya,” yaitu upaya merangsang tumbuhnya entrepreneur (wirausaha) di Aceh, salah satunya dengan menggalakkan kembali semangat berkoperasi di masyarakat.

"Undang-undang nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian mengamanatkan kita untuk membangkitkan usaha ini dalam rangka peningkatan perekonomian rakyat," kata Nova.

Ia menambahkan didalam 10 Program Pokok PKK, semangat untuk berkoperasi tercantum pada nomor 8. Oleh sebab itu sudah sepantasnya kader-kader PKK se-Aceh memahami isu koperasi ini agar semangat berkoperasi bagi masyarakat dapat kita perkuat kembali.

Sebagai catatan, tambahnya lagi, sampai tahun 2017 jumlah koperasi di Aceh mencapai 6.883 unit, terdiri dari koperasi aktif sebanyak 4.356 unit atau 63,29%, dan koperasi kurang aktif sebanyak 2.527 unit atau 36,71%.

Masyarakat Aceh yang bergabung sebagai anggota koperasi mencapai 470.354 orang. Pada tahun depan, ia berharap jumlah koperasi dan anggota ini bisa lebih meningkat sehingga masyarakat Aceh semakin banyak yang terlibat dalam koperasi.

"Mengapa isu koperasi menjadi sangat penting sekarang ini Karena di samping merangsang tumbuhnya wirausaha, usaha koperasi juga sangat menonjolkan semangat solidaritas dan kesetiakawanan sosial," sebutnya.

Di sisi lain, kata Nova, prinsip kapitalisme yang menonjolkan individualisme sudah menggejala di mana-mana. Akibatnya, budaya tolong menolong dan gotong royong kini semakin menipis di masyarakat kita.

"Disinilah pentingnya semangat berkoperasi kita tingkatkan untuk meningkatkan perekonomian dan turut memberikan kontribusi dalam upaya menyejahterakan rakyat," ajaknya.

Nova Berharap agar peran kader PKK sangat dibutuhkan dalam menggalakkan kembali semangat berkoperasi melalui Jambore ini, semangat itu dapat diperkuat, dan selanjutnya PKK Aceh bisa merumuskan langkah lebih lanjut dalam mendukung keterlibatan kader PKK Aceh dalam peningkatan semangat berkoperasi di masyarakat. (wn/ri)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 26 Mar 2019 06:33:34