Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

1 Muharram Momentum Tingkatkan Kualitas Ketakwaan dan Introspeksi

Agama Senin, 10 September 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh - Pemerintah Aceh menggelar peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah di Mesjid Raya Baiturrahman, Senin malam (10/09/2018).

Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh M. Jafar mengatakan tanggal 1 Muharram merupakan momentum yang sangat bersejarah bagi umat Islam, karena menandakan awal dari tonggak sejarah dimulainya babak baru perjalanan dakwah Islam di jazirah Arab.

Menurutnya Hijrah dimaknai sebagai upaya untuk merubah diri menjadi lebih baik. Dalam hal ini berbagai persiapan harus terus dilakukan, termasuk salah satunya evaluasi diri atau muhasabah.

"Kita melihat dalam kehidupan ini ada manusia yang memperturutkan kehidupan dunia sehingga melupakan sang Khalik. Ia lupa bahwa ia akhirnya akan menjadi tua di makan usia, dan pada saatnya, ia akan kembali kepada Allah SWT," jelasnya.

Ia menambahkan, Allah mengingatkan manusia agar senantiasa meningkatkan kualitas ketakwaan dan melakukan introspeksi diri untuk persiapan masa depan, khususnya masa depan akhirat. Juga mengisyaratkan agar manusia harus mampu mengatur program hidup seefektif dan semaksimal mungkin, sehingga selamat di dunia dan berjaya di akhirat, baik untuk jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Program-program itu hendaknya dapat diaktualisasikan dengan memanfaatkan sisa-sisa umur dengan sebaik-baiknya.

"Bagi masyarakat Aceh momentum 1 Muharram juga sangat penting artinya, karena telah mengingatkan kita bahwa 17 tahun yang lalu Syariat Islam telah dideklarasikan di negeri ini, tepatnya pada tanggal 1 Muharram 1423 H," katanya.

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat Aceh untuk memperkuat dan perkokoh aqidahkarena penegakan Syariat Islam baru berhasil bila dilandaskan pada kekokohan aqidah individu muslim.

Ia menjelaskan, keterkaitan antara perkara aqidah dengan syariat tidak dapat dipisahkan. Ketaqwaan mengantarkan seseorang kepada sikap mulia, yakni meyakini Allah SWT senantiasa mengawasinya, baik sedang sendiri, berduaan atau berada di tengah-tengah kerumunan manusia.

"Dengan pergantian tahun baru Islam ini, kita perlu mengembangkan semangat hijrah menuju kehidupan yang lebih berkualitas baik secara personal maupun sosial serta meningkatkan partisipasi secara bersinergi dalam rangka mengisi pembangunan Aceh sesuai dengan adat budaya Islami, sehingga pada akhirnya akan dapat mewujudkan Aceh yang damai, sejahtera melalui pemerintahan yang bersih, adil dan melayani," ajaknya. (wn/ri)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 19 Sep 2018 21:44:06