Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Festival Krueng Aceh Hiasi PKA Ke-7

Seni, Budaya & Hiburan Senin, 13 Agustus 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh -  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh berkerja sama dengan Kodam Iskandar Muda menggelar Festival Krueng Aceh dalam rangka menyemarakkan Pekan Kebudayaan Aceh Ke-7 di Kreung Aceh, Senin (13/08/2018).

Acara itu dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman dan akan berlangsung dari dari tanggal 13 sampai 14 Agustus. Festivai itu akan dikemas dengan serangkaian lomba diantaranya Lomba Parade Perahu Hias, Lomba Memasak Ikan Kari Aceh, Lomba Mewarnai, Lomba Photograpy, Atraksi Air oleh Kodam Iskandar Muda, Panggung Apresiasi Budaya Musik dan Tari, sajian 1000 kopi gratis dan bersih-bersih sungai.

Dalam sambutannya, Aminullah mengatakan pemerintah Kota Banda Aceh sangat berkomitmen untuk mendukung acara yang bisa menjadi hiburan kepada masyarakat dan wisatawan yang hadir. Jika dilihat dari sejarah, sungai Kreung Aceh merupakan jalur bebas hambatan untuk masuknya kapal-kapal perdagangan dari mancanegara tempo dulu.

Keberadaan Krueng Aceh pada jaman Kesultanan Aceh Darussalam memiliki nilai yang sangat strategis dalam menumbuhkan kembangkan Kota Banda Aceh sebagai kota yang metropolis.

"Kepada masyarakat Kota Banda Aceh agar menjaga kelestarian dan kebersihan Krueng Aceh yang mempunyai peran penting aktivitas sehari-sehari agar mampu menguatnya identitas dalam sejarah kota ini menuju perjalan modererisasi," harapnya.

Ia menambahkan kegiatan festival itu juga menjadi perhelatan ajang tahunan yang dapat menghibur masyarakat dan promosisi kepada wisatawan sehingga mampu dalam berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata.

Di tempat yang sama Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Amiruddin yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Rasyidah M. Dallah mengatakan acara tersebut tidak hanya menjadi daya tarik bagi wisata tapi juga memperkenalkan Kota Banda Aceh dengan keindahan. Sejarah panjang Krueng Aceh yang menjadi saksi perkembangan ibu kota Provinsi Aceh diharap menjadi hiburan yang unik bagi kenangan para pengunjung.

Menurut Rasyidah, festival Krueng Aceh juga didukung penuh oleh Kodam Iskandar Muda. Kodam Iskandar Muda pun turut berpartisipasi dengan menurunkan anggotanya untuk terlibat dan berbaur bersama masyarakat lain dalam berbagai atraksi.

Perlombaan itu diikuti oleh 22 peserta terdiri 18 peserta dari Kodam Iskandar Muda serta 4 peserta dari SKPA dan memperebutkan hadiah 10 juta rupiah bagi perahu hias dengan dekor terbaik. (ri/hy/rd)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

 

Last Update Generator: 20 Sep 2018 03:54:23