Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Pimpin Apel Pasca Cuti Lebaran, Wagub Aceh Ingatkan Empat Hal

Pemerintahan Kamis, 21 Juni 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh - Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah memimpin apel perdana usai cuti lebaran Idulfitri 1439 H di halaman Kantor Gubernur Aceh, Kamis (21/06/2018). Hadir di apel tersebut: Sekretaris Daerah, Asisten Pemerintahan dan Kepala Satuan Perangkat Kerja di lingkungan Pemerintah Aceh.

Usai mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri, Nova berharap agar ibadah puasa yang dilakukan selama sebulan penuh bisa berdampak dalam pelayanan publik. "Puasa yang berhasil dapat ditinjau dari sejauh mana kemampuan kita memperbaiki diri dan mengelola hawa nafsu pasca lebaran," ujarnya.

Oleh karenanya, di hari pertama kerja itu, Nova berharap aparatur sipil negara membawa semangat dan ritme kerja yang baru untuk memperkuat komitmen menuju Aceh yang bersih dan berkualitas.

Dalam apel tersebut, Nova mengingatkan empat hal yaitu perencanaan program Pemerintah Aceh, pemberantasan korupsi, kinerja dan disiplin, serta pengingkatan profesionalisme sumber daya manusia (SDM) aparatur.

Untuk perencanaan program, Nova meminta agar instansi bisa melahirkan kegiatan yang menjadi penyelesai masalah di dalam masyarakat. Program itu harus diterjemahkan sesuai Rencana Program Jangka Menengah (RPJM) Aceh tahun 2017-2022.

Ia juga mengakui, masih ada Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) yang tidak fokus dan perlu penyesuaian dalam menerjemah RPJM Aceh. "Sinergikan program sehingga bisa jadi problem solving kebutuhan rakyat, bukan justru menambah masalahnya sendiri," Nova mengingatkan.

Terkait APBA, Nova meminta untuk dikawal ketat sesuai dengan pogram kegiatan yang telah direncanakan. Selain itu, ia juga meminta agar SKPA bisa saling menghargai sesuai tugas fungsi masing-masing sehingga APBA bisa dieksekusi tepat waktu.

Pemerintah Aceh, lanjut Nova, saat ini masuk dalam propinsi yang mendapat pengawasan Komisi Pengawasan Korupsi (KPK). Ia mengimbau kepada semua aparatur agar paham strategi pencegahan korupsi. "Korupsi bisa menimpa siapa saja, maka perlu kehati-hatian dalam melaksanakan kinerja sehari-hari," tegasnya.

Sementara mengenai disiplin aparatur, Nova menyebut Pemerintah Aceh tahun ini agar menerapkan reformasi kinerja. Reformasi itu sudah tertuang dalam peraturan manajemen kinerja berbasis analisis jabatan dan beban kerja.

Mengenai peningkatan profesionalitas SDM aparatur, Pemerintah Aceh akan melakukan evaluasi kapasitas dengan adil sesuai kaidah-kaidah normatif berdasarkan peraturan yang berlaku. "Saya minta Badan Kepegawaian Aceh untuk mengkoordinir dan melaporkan hasilnya," pinta Nova. (rd/wan)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 17 Jul 2018 03:44:30