Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Masyarakat Aceh Sumbang 1000 Ton Beras ke Suriah

Sosial & Kemasyarakatan Minggu, 15 April 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh - Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar konferensi pers tentang pemberangkatan muatan beras untuk kapal kemanusian Suriah di Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh, Minggu (15/4).

Presiden ACT Ahyudin pada konferensi pers tersebut mengatakan program kapal kemanusiaan itu sudah berjalan selama empat kali, diantaranya pengiriman 2.000 ton beras ke Somalia, kemudian pengiriman 2.000 ton beras untuk Rohingnya, juga 2.000 ton beras untuk Gaza Palestina dan yang akan dilakukan sekarang yaitu pengiriman 1.000 ton beras untuk Suriah di Timur Tengah.

Menurutnya, penderitaan yang dialami Suriah sangat besar dan tentu umat islam di Indonesia khususnya di Aceh tidak akan tinggal diam."Kita harus ambil bagian dan kebesaran Aceh harus kembali ditunjukan," jelasnya.

"Aceh akan memperlihatkan kepada dunia bahwa Aceh bukan hanya cuma bisa menerima bantuan ketika tsunami tetapi Aceh akan menjadi provinsi terbesar dengan bantuan terbesar 1.000 ton beras ke Suriah," kata Presiden ACT itu.

Lebih lanjut ianya mengungkapkan, Aceh sengaja dipilih jadi penggalang, karena bantuan tersebut yang akan digerakkan dari Belawan dan pada tanggal 21 April diberangkatkan ke Turki terus ke Suriah.

"Kita rasanya ingin menjalin hubungan kembali dengan Turki. Turki itu seperti bapak dan anak dengan Aceh. Dunia tahu besarnya hubungan antara Turki dan Aceh. Kita ingin mengulangi sejarah besar itu," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua MPU Faisal Ali mengatakan Aceh juga pernah merasakan konflik. Konflik yang sempat dirasakan, telah berdampak negatif bagi psikologi masyarakat Aceh. "Oleh karena itu mari kita bantu para saudara kita. Semoga Allah memberi kemudahan untuk saudara kita di Suriah,” katanya.

Faisal juga menambahkan, para ulama sangat mendukung kegiatan ACT, dan akan terus menggelorakan semangat gotong royong mulai dari masa nenek moyang dulu sampai dengan sekarang. Semangat tersebut menjadi pegangan masyarakat Aceh dalam memberikan bantuan dan kepedulian kepada yang membutuhkan.

Ustadz Bobby Herwibowo, Lc pada acara itu mengisahkan salah satu yang membuat kaum Madinah atau kaum Ansar menjadi mulia karena mereka membantu saudaranya. Begitupun dengan masyarakat Aceh.

“Bantuan ini bukan hanya bentuk diplomasi antar negara, tapi kita sedang mengguncang Arsy Allah untuk menurunkan rahmatnya bagi bangsa Indonesia,” jelas Ustadz Bobby.

Setelah konferensi pers, kegiatan dilanjutkan dengan tabligh akbar yang disampaikan oleh tgk H. M. Yusuf A.W, Ustadz Bobby Herwibowo, Lc, Tgk H. Zamhuri Ramli, Tgk H. Nuruzzahri, Ustadz Fadlan dari Papua, dan Syeik Ali Jaber dan ditutup dengan pelepasan 1.000 ton beras untuk warga Suriyah di depan Mesjid Baiturrahman Banda Aceh. (ri/wan)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 19 Aug 2018 21:49:39