Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

BPS Pusat Minta Diskominfo Jadi Walidata Statistik Sektoral

Ekonomi Rabu, 04 April 2018 - Oleh opt4

Banda Aceh - Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh bekerjasama dengan BPS pusat dan Dinas Kominfo se Indonesia menggelar video conference tentang pembinaan statistik sektoral daerah di Aula BPS Aceh, Rabu (4/4/2018).

Kepala BPS Pusat Kecuk Suhariyanto dalam paparannya melalui video conference mengatakan tujuan acara itu adalah untuk menyamakan persepsi pengumpulan data sektor daerah untuk menjadi forum satu data.

Menurut Kecuk, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) harus jadi sebagai walidata statistik sektoral yang bertugas mengumpulkan dan mengelola data yang dihasilkan oleh prosedur data, serta menyebarluaskan data di lingkup instansi pemerintah.

Ia menguatkan dalam mewujudkan hal tersebut tentunya ada beberapa tantangan yang harus diselesaikan diantaranya perlu penataan kelembagaan, penguatan SDM urusan statistik, penataan anggaran, pembenahan pengelolaan data antara Bappeda dengan Diskominfo dan pembentukan/penguatan forum satu data.

Lebih lanjut Kecuk menjelaskan, dalam penyelesaian tantangan tersebut perlu adanya upaya dari BPS untuk menetapkan norma, standar prosedur dan kriteria (NSPK), nomenklatur, tata kelola hubungan BPS dengan Dinas Daerah, mendorong Kemendagri untuk menyelesaikan penataan kelembagaan dan mendorong Kemendragri untuk pembentukan/penguatan forum satu data.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Diskominfo Aceh Marwan Nusuf menyarankan beberapa hal supaya mahasiswa menjelang tamat sekolah statistik untuk dimagangkan 3 bulan ke daerah sebagai pendamping.

Menurut Marwan, saat ini pihaknya sudah mengajukan satu Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Data dan Statistik. UPTD itu diharapkan bisa menguatkan kelembagaan statistik di Aceh.

"Kami sudah ada rancangan peraturan gubernur tentang satu data walaupun Peraturan Presiden belum ada. Ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Aceh lewat pogram Sistem Informasi Aceh Terpadu (SIAT)," katanya. (jl/ri)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 12 Nov 2019 00:42:47