Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Aceh

Gubernur Lantik Pengurus Forum PRB Aceh

Umum Selasa, 21 November 2017 - Oleh opt4

BANDA ACEH – Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf melantik Pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana, di Anjong Mon Mata, Senin 20 November 2017.

Irwandi menyebutkan, penanganan bencana merupakan  gerakan bersama. Karena itu, pembentukan komunitas peduli bencana perlu digalakkan di semua lini masyarakat. “Dengan menyebarkan semangat ini akan semakin mudah untuk menjalankan program mitigasi sebagai langkah mengurangi risiko bencana,” kata Irwandi melalui Asisten I Setda Aceh, Iskandar A. Gani.

Saat ini, ujar Irwandi, ada 100 lebih komunitas masyarakat yang tergabung dalam Forum PRB Aceh. Semua yang terlibat dituntut bekerja lebih keras dalam menyebarkan kepedulian bencana. “Perlu semangat bersama agar masyarakat memiliki kesadaran, wawasan dan kemampuan di bidang kebencanaan,” kata Irwandi.

Forum PRB diharapkan bisa terus membangun jaringan komunikasi berbasis masyarakat untuk membantu pelaksanaan rencana aksi dan peningkatan kapasitas anggota. Di samping itu, forum tersebut diminta untuk mengelola isu bencana sehingga tidak ada informasi bohong soal kebencanaan yang bisa menimbulkan keresahan di masyarakat. “Lakukan kampanye gerakan peduli bencana melalui berbagai cara, baik melalui pendidikan di sekolah, sosialisasi media atau aksi lain,” kata Irwandi.

Sementara Nasir Nurdin, Ketua Forum PRB Aceh, mengatakan bahwa mereka secara bertahap bisa mendidik masyarakat agar mengenal ancaman bencana dan mengurangi kerentanan. “Kita ingin bersama belajar bagaimana mengelola resiko bencana dengan baik sehingga korban jiwa dan kerugian bisa direduksi saat bencana memang tidak bisa kita hindari.”

Nasir melaporkan, 70 persen pengurus dan anggota PRB Aceh adalah orang muda dan energik. Hal itu menjadikan potensi melakukan tugas pengurangan resiko bencana sangat besar. Nasir menyebutkan bahwa mereka semua sebagai relawan sejati. Nasir menambahkan, belalui BPBA, forum itu bisa memiliki ruang untuk berbuat lebih efisien guna pengurangan resiko bencana di masa mendatang.

Struktur kepengurusan Forum PRB Aceh terdiri atas Dewan Pengurus diketuai Nasir Nurdin dengan wakil ketua masing-masing Ir TM Zulfikar MP, Dr Muslem Daud MEd, dr Aslinar SpA, dan Yarmen Dinamika. Sekretaris M Hasan Dibangka bersama Wakil Sekretaris masing-masing Fahmi Rizal, Drs Mukhlis Hamid MPd, Riza Iskandar, dan Fachmi Ibrahim SH. Sedangkan Bendahara Rahmat Thalib ST MSi bersama Wakil Bendahara Rusmadi.

Sumber : humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 13 Dec 2017 00:04:55