Budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Masyarakat

Pemerintahan Senin, 13 November 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - "Kita perlu terus berupaya membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat baik melalui Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) maupun lewat Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan, dengan target mulai dari lingkungan keluarga," jelas Sekretaris Daerah Drs. Dermawan, MM yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M (K) saat  bertindak sebagai pembina upacara Hari Kesehatan Nasional ke 53 di halaman kantor Gubernur Aceh, Senin (13/11/2017).

Menurut Dermawan Keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009. Kementerian Kesehatan pun telah mengeluarkan Peraturan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan, ia mengungkap, terdapat 12 indikator pelayanan dasar yang harus dilakukan Kabupaten/Kota yang pencapaiannya harus 100 persen.

Lebih lanjut Dermawan mengatakan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia dan harus segera diselesaikan terutama Puskesmas diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular.

"Perlu saya ingatkan kepada para Kepala Dinas dan Kepala Puskesmas agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan tersebut," serunya.

Dermawan mengajak seluruh insan kesehatan khususnya jajaran Kementerian Kesehatan agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur, lintas sektor, dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

"Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan", ajaknya." 

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 dilaksanakan mengangkat tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”. Tema tersebut sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat. (ri/jl/rd)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 Nov 2017 12:07:34