Dinas BPPPA Gelar Pelatihan SIGA

Pendidikan & Pelatihan Selasa, 07 November 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) melakukan pelatihan Sistem Data Informasi Gender dan Anak (SIGA) dengan tema "Melalui Pelatihan Informasi Gender dan Anak,Kita Tingkatkan Penyajian Data Terpilih Secara Cepat, Akurat, Komprehensif dan Mutakhir", Selasa (07/11/17).

Acara yang berlangsung di Aula Hotel Mekkah itu diikuti oleh 60 orang peserta yang terdiri dari Staf Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), 14 Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan Dinas PPPA Kabupaten/Kota.

Ketua Panitia Pelatihan, Dra. Teja Sekar Tanjung mengatakan bahwa Dinas Pemberdayaaan Perempuan dan Perlindungan Anak Aceh bekerja sama dengan Bappeda Aceh dalam menyelenggarakan pelatihan itu. Teja menuturkan hal ini selalu berdampingan terkait dengan penyelenggaraan SIGA.

Dalam pelatihan itu, BP3A telah membuat aplikasi SIGA dan akan disampaikan secara teknis bagaimana penggunaan aplikasi tersebut beserta tujuan agar adanya ketersediaan data dan pemenfaatan data gender. Pelatihan aplikasi data ini diharapkan nanti dapat menjadi buku data gender dan anak di masing masing kabupaten/ kota, lanjut Teja.

Pelatihan itu dibuka oleh Kepala Dinas BP3A yang diwakili oleh Sekretris Dinas BP3A, Drs. Teuku Syarbaini, M.Si. Dalam sambutannya Syarbaini mengatakan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di pemerintahan Aceh dapat terlaksana untuk mendukung E-Goverment, dan dengan adanya SIGA di Aceh pelaporan secara online dapat berjalan dengan baik.

Syarbaini juga menuturkan bahwa pelatihan SIGA dibuat untuk memperkuat dan mendorong SKPA Provinsi dan SKPK Kabupaten/Kota terkait kebijakan mekanisme pengelolaan sistem data dengan memilah menurut jenis kelamin dan umur yang terpercaya dapat disajikan cepat, akurat, komperhensif dan mutakhir, meningkatkan kompetensi pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota dalam penggunaan data gender dan anak untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah, membangun dan memperkuat mekanisme koordinasi antara SKPA si Provinsi dan SKPK Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan pengumpulan dan pengolahan data terpilah, meningkatkan ketersediaan dan pemanfaatan data terpilah untul perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan hasil kebijakan program/kegiatan pembangunan yang responsif gender dan peduli anak di daerah provinsi dan kabupaten/kota. (DN/FAZ/ri)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 Nov 2017 12:02:17