Disbudpar Aceh Gelar Sanger Day+ Fest

Wisata & Lingkungan Sabtu, 21 Oktober 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekerjasama dengan Komunitas I Love Aceh dan Generasi Pesona Indonesia Aceh (Genpiaceh) menggelar hari Sanger Day+ Festival 2017 di FJ’s Coffee Shop Pasar Newton Batoh, Banda Aceh, Sabtu malam (21/10/2017).

Kegiatan itu juga didukung oleh Kementerian Pariwisata bersama sejumlah komunitas lainnya seperti Aceh Gayo Manual Brewing, Kanot Bu, Akarimaji, dan Apotek Wareuna serta Syarikat Agam Inong Aceh. Acara itu berlangsung dua hari dari tanggal 21 sampai 22 Oktober.

Kepala Bidang Pengembangan Distinasi Dedi Varian mewakili kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi, dalam sambutan usai membuka acara mengatakan, kegiatan sanger Day+ Festifal secara online menjadi wujud apresiasi laskar digital generasi pesona indonesia dalam mengenalkan pontensi pariwisata, khususnya bidang kuliner yang ada di Aceh. "Ke depan, acara seperti ini akan menjadi daya tarik wisata bagi Aceh sendiri, dan kita patut menjaga agar dikenal oleh anak cucu kita," sebutnya.

Menurut Dedi, even yang mengambil tema “Beragam Peunajoh Satu Cita – Kuliner Aceh Pesona Rasa”, bertujuan untuk menjadikan sanger sebagai minuman khas Aceh dan sekaligus sebagai wujud promosi dengan icon Aceh yang terkenal dengan kopi. Dedi juga ingin acara itu bisa mengangkat kembali jajanan tradisional Aceh untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas secara regional dan nasional bahwa sanger itu adalah bahagian dari pada kuliner keistimewaan Aceh.

"Minuman satu-satunya di dunia ini saban tahun diperingati sabagai hari sanger sedunia (International Sanger Day) yang jatuh pada 12 oktober, agar dapat meningkatkan industri ekonomi yang kreatif," ungkap Dedi.

Lebih lanjut Dedi menerangkan minuman sanger merupakan salah satu potensi dalam mengenalkan Aceh sebagai tujuan daerah wisata halal dunia, "Mari manfaatkan keistimewaan ini untuk melihat karya-karya anak muda kreatif baik dalam mengenal sejumlah jajanan khas Aceh kreasi visual dengan nilai-nilai seni," ungkapnya.

Sejumlah agenda dalam Sanger Day+ Fest juga telah dipersiapkan, pameran foto sanger, atraksi meracik sanger tradisional, standarisasi sanger, art painting show sanger, eksibisi kuliner dan jajanan khas Aceh, bazar jajanan tradisional dan nusantara, malam apresiasi sanger day, lomba meracik sanger, lomba mewarnai anak-anak, lomba pisang reuboh dan lomba boh manok weng. (ri/wan).

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 Nov 2017 12:02:25