Kadiskominfo dan Persandian Aceh Buka Sosialisasi Internet Positif dan Kreatif

IPTEK & Sains Selasa, 17 Oktober 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh- Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh menggelar sosialisasi Internet Positif dan Kreatif dengan tema "Pemanfaatan Internet Secara Positif Untuk Kreativitas Anak Bangsa" di Grand Arabica Hotel, Selasa (17/10). Hadir dalam acara tersebut pejabat struktural Diskomifo dan Persandian Aceh, guru-guru, dan siswa-siswi Sekolah Menengah yang ada di Banda Aceh.

Marwan Nusuf, B.HSc. MA dalam sambutannya usai membuka sosialisai itu mengatakan, kegunaan teknologi seperti pisau bermata dua, artinya jika digunakan untuk hal positif akan menjadi positif dan jika digunakan dalam hal negatif, maka akan menjadi negatif.

Menurut Marwan, saat ini angka perceraiaan di salah satu propinsi meningkat 75% yang disebabkan oleh media sosial seperti Facebook dan akibat layanan pesan instan Whatsapp.

"Dalam kasus ini, kebanyakan Istri yang menggugat cerai suami karena teknologi, bertemu dengan mantan pacar, beremu orang yang disuka, dan lain-lain," sebutnya.

Marwan kemudian menyampaikan bahwa dalam penggunaan internet, ada hal yang harus diwaspadai, salah satunya adalah hoax. "Hoax adalah isu yang tidak benar tetapi dikemas seolah-olah isu tersebut benar. Jadi, untuk meminimalisir dampak negatif ini bukanlah dengan cara menutup diri terhadap akses teknologi Internet, akan tetapi mempersiapkan diri untuk menghadapi teknologi itu," jelasnya.

Marwan berharap dengan adanya sosialisasi itu para peserta dapat mengembangkan ilmunya di sekolah masing-masing dan dapat membentengi diri dalam menghadapi pengaruh buruk di era teknologi. "Untuk para guru agar dapat mempersiapkan materi ke depan bagaimana cara membina siswa agar terhindar dari hal-hal negatif di media sosial dan media-media yang tidak resmi lainnya," harapnya lagi. (faz/wan/Rd)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 Nov 2017 12:02:47