Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Peringati 1 Muharam, KH Mukhtar Fatawi Jelaskan Makna dari Hijrah

Agama Kamis, 21 September 2017 - Oleh opt4

Banda Aceh - KH Muktar Fatawi mengisi ceramah peringatan tahun baru islam 1 Muharam 1439 H di Masjid Raya Baiturrahman, Rabu malam (20/09).

Pada kesempatan itu KH Muktar Fatawi menjelaskan makna dari hijrah, diantaranya hijrah ada dua macam, pertama  hijrah meningalkan kejahilan dan kedua hijrah menuju Allah dan RasulNya, jelas Muktar Fatawi

Lebih lanjut ia menjelaskan makna dari hijrah makaniyah yaitu meninggalkan suatu tempat, dan hijrah maknawiyah yaiyu mengaplokasikan spirit hijrah sebagai landasan untuk membentuk pribadi-pribadi yang tangguh, berkarakter dan bertamaddun, ungkap Muktar.

Selain itu hijrah maknawiyah ini meliputi pertama Hijrah I'tiqadiyah yaitu hijrah keyakinan, kedua hijrah Fikriyah yaitu hijrah pemikiran, ketiga hijrah syu'uriyyah yaitu hijrah dari cita rasa, kesenangan dan kenikmatan duniawi ada pada diri kita yang sering terpengaruhi oleh nilai-nilai yang kurang islami sedangkan yang ke empat hijrah sulukiyyah yaitu  hijrah tingkah laku, akhlak serta kepribadian kita.

Diakhir ceramahnya KH. Muktar Fatawi berharap semoga momentum hijrah tahun ini benar-benar dimaknai sebagai media perubahan diri yang maksimal dalam penyempurnaan iman dan ketaqwaan kita kepada Allah Ta'ala. 

Momentum hijrah ini adalah media yang tepat untuk mendata secara detail siapa sebenarnya diri kita, mari kita rubah diri kita dari yang baik menjadi lebih baik lagi, ajak KH Muktar Fatawi.

Pelaksanaan peringatan tahun baru islam 1 Muharam di hadiri oleh sejumlah kepala SKPA, masyarakat Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. (zal/am-jf)

Sumber : diskominfo.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 17 Oct 2017 18:04:54