Wabup Hadiri HUT IBI Kabupaten Bener Meriah

Kesehatan Selasa, 22 Agustus 2017 - Oleh opt2

REDELONG : Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 66 Tahun 2017 di Gedung Olahraga dan Seni (GORS) Redelong, Selasa (22/8)

Peringatan HUT IBI ke 66 tersebut turut dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah Abd. Muis, SE, MT, Sekretaris Komisi D DPRK Bener Meriah dr. Jawahirsyah Putra, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Nikmah Abdul Latif, Ketua Dharma Wanita Persatuan Bener Meriah Ernawati Ismarissiska, Ketua IBI Bener Meriah Risnawati, SST, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Bener Meriah Sukur, S.Pd, M. Pd, Ketua IBI Kabupaten Aceh Tengah, perwakilan KOMPAK, serta seluruh bidan sekabupaten Bener Meriah.

Ketua IBI Kabupaten Bener Meriah Risnawati, SST dalam sambutannya menyampaikan, saat ini cabang IBI kabupaten Bener Meriah memiliki 13 ranting, dengan jumlah anggota  798 orang yang memiliki latar belakang pekerjaan, PNS, PTT, Honorer, Bakti, dan pensiunan. “Latar pendidikan D1, D3, D4,”terang Risnawati.

Dia melanjutkan, berbagai tantangan selama ini yang dihadapi baik dari luar maupun dari dalam organisasi, antara lain kondisi kesehatan ibu dan anak Kabupaten Bener Meriah memerlukan perhatian yang khusus.

“Untuk Tahun 2016, dari jumlah ibu hamil sebanyak 3.552 orang, angka kematian ibu hamil di Kabupaten Bener Meriah sebanyak enam orang, empat terjadi saat bersalin, dan dua dimasa nifas. Untuk lahir hidup sekirat 3.386 bayi, jumlah kematian neo natal 40 dan kematian bayi 30. Untuk itu kami meminta kepada Pemkab Bener Meriah untuk dapat memberikan perhatian khusus untuk para bidan, karena baru 100 orang bidan yang telah mengikuti pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN), sementara yang lainnya belum mengikuti pelatihan,”terang Ketua IBI Bener Meriah itu.

Hal ini kata Risnawati perlu dilakukan, demi meningkatkan asuhan pelayanan kebidanan, khususnya untuk kesehatan ibu dan anak, seorang bidan harus sesuai dengan stadar. “Kami berharap jumlah bidan yang mengikuti pelatihan APN akan terus bertambah. Dan bidan PPT di Bener Meriah yang belum diangkat sebanyak 7 orang untuk dapat diangkat menjadi PNS, demikian juga dengan bidan bakti untuk bisa diangkat menjadi tenaga honorer,”pinta Ketua IBI Bener Meriah.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan yang sama menyampaikan,   bidan adalah pekerjaan yang sangat mulia, “ketika seorang manusia lahir kedunia, ibu-ibu bidan yang diberikan kesempatan oleh ALLAH SWT yang menyambut mereka lahir kedunia, ini sebuah kemuliyaan yang sungguh luar biasa. Karena bidan itu sangat mulia posisinya, saya berharap kepada ibu-ibu bidan menyambut setiap kelahiran itu dengan tasbih, salawat dan dengan sukacita, agar sepanjang hidupnya anak tersebut akan berkah dan dipayungi dengan sukacita itu,”pinta Wabup.

Tgk. H. Sarkawi menambahkan, disini kita tidak hanya berbicara setiap kelahiran manusia sebagai sebuah materi, tetapi kita berbicara tentang kelahiran seorang manusia sebagai hamba ALLAH SWT yang kelahirannya pertama sekali di tangani oleh bidan, karena itu ibu bidan menyambutnya dengan senyuman dan keramahan.

Terkait pelatihan APN untuk bidan, Wabup Bener Meriah menyampaikan, mudah-mudahan akan ditingkatkan kapasitasnya demi penangan persalinan menuju arah lebih maksimal dari yang sudah-sudah.

Pantauan Humas Setdakab di GORS Redelong, Wabup Tgk. H. Sarkawi dalam kesempatan itu juga menyerahkan penghargaan kepada bidan, dan akte kelahiran untuk warga Kabupaten Bener Meriah. Usai menghadiri HUT IBI ke 66, Wabup kembali melanjutkan tugasnya menuju Kantor Bappeda guna melakukan pertemuan dengan sejumlah SKPK untuk merancang program Tahun 2018.

Sumber: humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 19 Nov 2017 06:28:21