Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Wagub Lepas Peserta Tri Lomba Juang

Olahraga Selasa, 08 Agustus 2017 - Oleh opt2

Banda Aceh – Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno pernah membuat sebuah ungkapan yang sangat populer hingga saat ini, yaitu ‘Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya’. Dan, Tri Lomba Juang adalah salah satu sarana bagi generasi masa kini untuk mengisi kemerdekaan dan mengenang dan menghargai jasa para pahlawan pendiri bangsa.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, ST, saat memberikan sambutan dan membakar semangat para peserta Tri Lomba Juang, di Lapangan Blang Padang, Selasa (8/8/2017) pagi.

“Kenang dan resapi setiap perjuangan para pahlawan kita yang telah berkorban harta bahkan nyawa hingga akhirnya kemerdekaan Indonesia di Proklamirkan oleh Presiden dan Wakil Presiden pertama Republik Indonesia. Anak-anakku sekalian tahu siapa Proklamator kita?” tanya Wagub.

“Soekarno-Hatta,” jawab seribuan peserta Tri Lomba Juang serentak. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta Tri Lomba Juang diikuti oleh siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Total yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 88 tim, yang terdiri atas SD 56 tim, SMP 25 tim dan SMA 7 tim.

“Sangat penting mengenang jasa para pahlawan kita karena anak-anakku sekalian adalah penerus estafet kepemimpinan bangsa di masa mendatang. Contohlah semangat mereka saat mempertahankan setiap jengkal tanah Indonesia dari para penjajah,” sambung Wagub.

Wagub menambahkan, dengan mengikuti kegiatan Tri Lomba Juang yang akan menempuh jarak 17 km, 8 km dan 45 km ini, para siswa diharapkan mampu memaknai dan merasakan semangat perjuangan para pahlawan bangsa.

“Sebagai generasi penerus bangsa, maka anak-anakku sekalian harus sehat, sehingga mampu membawa bangsa ini lebih berjaya lagi di masa yang akan datang. Olahraga itu menyehatkan karena itu, maka mari kita memasyarakatkan olaraga dan mengolahragakan masyarakat,” himbau Nova.

Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga menghimbau para peserta untuk giat belajar dan selalu mengabdi dan menghormati kedua orangtua. “Isi kemerdekaan ini dengan terus belajar dan berusaha sebaik mungkin serta selalu berbakti kepada bangsa dan selalu menghormati kedua orangtua kita.”

“Insya Allah dengan olahraga, maka badan kita akan sehat dan jiwa kita menjadi kuat. Tetap semangat selama mengikuti lomba jangan berhenti dan jangan menyerah sebelum mencapai finish, kecuali memang kesehatannya sedang tidak baik,” pesan Wagub.

Pelepasan peserta dilakukan oleh Wakil Gubernur Aceh beserta istri dan para perwakilan Forkopimda Aceh. Kegiatan Tri Juang Lomba tahun ini mengangkat tema ‘Bersatu untuk kebersamaan dalam mencapai tujuan masa depan’.

Sumber: humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 24 Oct 2017 12:06:18