Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Plt Bupati Bener Meriah Buka Kegiatan Simulasi Bencana Gunung Berapi

Umum Kamis, 18 Mei 2017 - Oleh opt2

REDELONG - Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh membuka kegiatan simulasi bencana alam gunung berapi di lapangan sepak bola, Kampung Pante Raya, Kecamatan Wih Pesam, Kamis (18/5)

Hadiri pada acara simulasi bencana gunung berapi tersebut, Anggota DPRA Bardan Sahidi, anggota DPRK Bener Meriah Tgk. M. Amin, unsur Forkopimda, Forkopimda Plus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Bener Meriah, unsur pejabat perangkat daerah Bener Meriah, Tim BPBA, Tim BPBD Bener Meriah, Tim BPBD Aceh Tengah, Tim SAR Bener Meriah, Tim Tagana, tim TNI, tim Polri, Tim RAPI, para pelajar, serta masyarakat setempat.

Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh dalam arahannya menyampaikan, Kabupaten Bener Meriah memiliki dinamika giologis yang sangat dinamis, yang mengakibatkan bencana seperti gempa bumi, tanah longsor dan angin puting beliung terkadang juga bencana lain yang menimbulkan korban dan kerugian yang cukup banyak, selain itu Kabupaten Bener Meriah juga memiliki gunung api aktif yang sewaktu-waktu dapat meletus.

“Mengingat hal tersebut, penting kirannya kegiatan seperti simulasi ini dilaksanakan di daerah ini untuk menguji kesiapan serta kewaspadaan dalam menghadapi masalah besar, ataupun bencana di Kabupaten Bener Meriah ini, serta melatih dan membiasakan seluruh petugas agar mampu mengaplikasikan fungsi masing-masing jika menghadapi bencana secara terkoordinir,”ujar Rusli M Saleh.

Simulasi ini juga katanya, merupakan metode untuk menguji kemampuan instansi yang dilaksanakan didaerah bencana yang mendekati situasi dan kondisi sebenarnya, “diharapkan dengan kegiatan simulasi ini dapat menambah dan memperdalam pemahaman kita bersama untuk lebih fokus dan mempunyai komitmen yang tinggi dalam penanggulangan bencana dengan saling bertukar pengalaman, berbagi informasi, memperkuat silaturahmi dan dapat meningkatkan koordinasi, serta memperteguh visi dan misi kita dalam penanggulangan bencana,” harap Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah itu.

Besar harapan Drs. H. Rusli M Saleh, bahwa semua peserta dan panitia dapat mengikuti simulasi dengan antusias, aktif dan semangat, “semoga apa yang kita laksanakan pada hari ini dapat menjadi landasan berpijak kita dalam penyelenggaraan penanganan dan pengurangan resiko bencana di Kabupaten Bener Meriah,”demikian Plt Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh.

Pantauan dilapangan setelah dilaksanakannya upacara simulasi penanggulangan bencana gunung berapi, Plt Bupati Bener Meriah turut ikut dalam kegiatan simulasi. Usai digelar simulasi, bupati beserta rombongan meninjau tenda-tenda simulasi guna mengecek langsung kegiatan pasca simulasi penanggulangan bencana gunung berapai.

Sumber: Humas Setdakab Bener Meriah

 

Last Update Generator: 23 Jul 2017 06:17:16