Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Gubernur Hadiri Gelar Teknologi Tepat Guna ke 12 di Tapaktuan

IPTEK & Sains Jumat, 28 April 2017 - Oleh opt2

Tapaktuan – Gubernur Aceh Zaini Abdullah melakukan kunjungan kerja ke Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan dalam rangka menghadiri serta membuka tiga kegiatan yang digelar sekaligus di Tapaktuan pada Kamis 27 April 2017.


Tiga kegiatan tersebut yaitu Gelar Teknologi Tepat Guna  ke 12, Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong ke-14 dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-45 Aceh.

Bersama gubernur turut hadir ketua Tim Penggerak PKK, Hj Niazah A. Hamid serta sejumlah pejabat lainnya. Rombongan gubernur yang tiba melalui bandara Cut Ali disambut oleh Bupati Aceh Selatan T Sama Indra serta sejumlah pejabat Pemkab Aceh Selatan.

Dalam sambutannya saat membuka ke tiga kegiatan tersebut Gubernur Zaini mengatakan, Gelar Teknologi Tepat Guna  ke 12 hendaknya memberi daya dorong bagi pemerintah untuk lebih mendekatkan teknologi kepada masyarakat dan senantiasa melestarikan semangat gotong royong sebagai ciri khas masyarakat Aceh yang kental dengan budaya Islam.

Menurut Gubernur Zaini, teknologi merupakan salah satu faktor pendorong perubahan, baik perubahan di bidang ekonomi maupun social budaya masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi, kapasitas produksi dan memberikan nilai tambah bagi kegiatan ekonomi produktif masyarakat.

“Oleh karena itu, berbagai upaya perlu kita tingkatkan untuk mendorong masyarakat lebih dekat dengan teknologi agar pemanfaatannya dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk sehingga memberi nilai tambah dan berdaya saing bagi masyarakat kita,” ujarnya.

Gubernur melanjutkan, penting bagi pemerintah untuk memadukan penggunaan teknologi dengan berbasis kepada semangat gotong royong di kalangan masyarakat, yang pada akhirnya semua itu diharapkan mampu mendorong terciptanya keluarga yang bahagia dan sejahtera sebagaimana tujuan program yang dicanangkan PKK Aceh selama ini.

“Untuk itu, maka gelar TTG, Peringatan hari BBGRM dan Peringatan hari gerak PKK Aceh tahun ini kita selenggarakan secara bersamaan, dengan harapan mampu mewujudkan tujuan pembangunan masyarakat yang berilmu pengetahuan, berbasis kegotongroyongan serta bertu juan untuk pembangunan kesejahteraan keluarga,” ujar Gubernur Zaini.

Sejalan dengan itu, menurut Gubernur Zaini, Pemerintah Aceh akan terus melakukan terobosan guna mendekatkan teknologi kepada masyarakat hingga kawasan pedesaan dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah.

Gubernur Zaini pada kesempatan tersebut juga membagikan hadiah kepada masing-masing juara lomba inovasi Teknologi Tepat Guna Se Aceh. Hadiah yang diberikan berupa uang pembinaan, piala tetap, sertifikat serta plakat.

Juara pertama dengan karya Alat Pemuatan TBS Kelapa Sawit diberikan kepada Nur Miswari dari Kota Langsa dengan memperoleh uang pembinaan Rp 14 Juta, juara II dengan karya Alat Penanam Jagung Semi Mekanis diberikan kepada Arik Deriyanto dari Kabupaten Aceh Selatan dengan memperoleh uang pembianaan Rp 12 juta, juara III  dengan karya Alat Pembersih Rumput Pada Ladang Sawah diberikan kepada Franskiadi dari Aceh Barat Daya dengan uang pembinaan Rp 10 juta, Juara Harapan I dengan Karya Lemari Multi Fungsi jatuh kepada Robby Setiawan dari Sabang dengan memperoleh uang pembinaan Rp 8 juta, Juara Harapan II  dengan karya Alat dan Metode Budidaya Madu Lebah Linot diberikan kepada Ibnu Hajar dari Aceh Barat Daya dengan uang pembinaan Rp 7 juta, Juara Harapan III dengan karya Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan untuk Pengairan Pertanian diberikan kepada Rahmad Purnama dari Aceh Tamiang.

Sumber: humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 24 Oct 2017 12:28:29