Plt Bupati Bener Meriah Buka Festival Seni Budaya

Seni, Budaya & Hiburan Jumat, 03 Maret 2017 - Oleh opt2

REDELONG - Pelaksana Tugas Bupati Kabupaten Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh membuka festival seni budaya Gayo tingkat pelajar Sekolah Dasar sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat dan tingkat umum, Kamis (2/3) di Gedung Olah Raga dan Seni (GORS) Simpang Tiga Redelong.

Turut hadir dalam pembukaan festival seni budaya tersebut, sejumlah anggota DPRK Bener Meriah, Kepala Dinas Parawisata Bener Meriah Drs. Haili Yoga, Camat Bandar Almanar, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdakab Bener Meriah Sukur, S.Pd, M. Pd, Kepala Bagian Umum Setdakab Bener Meriah Syafruddin, S.Pd, serta para guru pembimbing dan peserta.

Plt Bupati Bener Meriah Drs. H. Rusli M Saleh meminta agar kegiatan seperti yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Kecamatan Bukit tersebut dapat diselenggarakan di kabupaten.

“Kegiatan ini hendaknya dapat diprogramkan setiap bulannya untuk kabupaten dan setiap satu bulan sekali di kecamatan, kalau dikabupaten diikuti 10 kecamatan, dan dikecamatan sebulan sekali, kalau mau diprogramkan,”pinta  Rusli pada Kadis Parawisata.

Plt Bupati Bener Meriah itu menyampaikan selama ini banyak yang belum mengerti apa itu didong, dan tari geul, sehingga katanya, sering terjadi salah pegertian ketika tari yang digelar saat melakukan penyambutan tamu, Rusli mencontohkan beberapa kegiatannya yang disambut dengan tarian, dalam judul disebut tari Munalo, akan tetapi dalam tarian tersebut terdapat ucapan untuk tarian tareng-tareng kope yang sering di lakukan saat acara pesta perkawinan.

“Untuk ini saya minta agar dinas terkait dapat merumuska dan diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan,”pinta Plt Bupati Bener Meriah tersebut.

Diahir sambutannya, Plt Bupati Bener Meriah mengharapkan agar generasi muda saat ini dapat menjadi generasi yang perduli akan seni dan budaya Gayo serta mampu mengembangkan kesenian Gayo khususnya di Kabupaten Bener Meriah.

Kadis Parawisata Bener Meriah  Drs. Haili Yoga dalam kesempatan yang sama menyampaikan, kegitan ini untuk memberikan pemahaman dan pengertian tenatang kesenian serta adat istiadat Gayo, sehingga generasi kita nantinya tidak menjadi tamu di negeri sendiri.

“Apresiasi kepada panitia festival seni budaya yang beberapa bulan yang lalu datang ke kantor saya guna mendiskusikan bagaimana etika dan estetika memajukan adat istiadat Gayo, agar generasi kita kedepan tidak menjadi penonton di negeri sendiri,”katanya.

Haili Yoga menerangkan, tiga hari yang lalu dirinya menghadiri sejumlah pertemuan di Kementerian Parawisata, Kementerian Budaya, dan Kementerian Olah Raga pada Tahun 2018 nantinya akan ada program salah satunya untuk festival seni, nantinya kata Haili akan di kucurkan dana kepada kabupaten/kota dengan syarat harus membentuk kelompok dengan tema sadar wisata. “Anggaranya selain dari sering dari pemerintah juga dari APBN,”ucap Kadis Parawisata Bener Meriah itu.

Kepada anggota DPRK Bener Meriah Haili Yoga meminta untuk kedepan bersama-sama mengembangkan kualitas dan kuantitas seni dan budaya di Kabupaten Bener Meriah.

Sementara data yang diperoleh dari meja panitia peserta yang mengikuti festival seni dan budaya berjumlah 60 groub, yang terdiri dari 30 grub didong, dan 30 groub tari guel. Acara tersebut berlangsung dari tanggal 2 hingga 4 Maret 2017 di GORS Redelong.

Sumber: Humas Setdakab Bener Meriah

 

Last Update Generator: 22 Jun 2017 18:01:52