Makan Siang Sederhana Ala Gubernur Aceh

Kategori : Umum Selasa, 14 Februari 2017 - Oleh opt2

Banda Aceh - Ada pemandangan berbeda yang tampak pada peresmian jembatan Krueng Lamnyong, pada Senin pertengahan Februari kemarin. Seusai acara, Doto Zaini, gubernur Aceh bersantap siang di bawah batang trembesi. Orang nomor satu di Provinsi Aceh ini dikelilingi puluhan mahasiswa dari Kampus Darussalam. Bersamanya ikut pula sang istri, Umi Niazah A. Hamid.

Tanpa sungkan, Abu Doto menyantap habis menu nasi kotak yang dihidangkan panitia acara. Tak ada menu istimewa: hanya nasi dengan sepotong kecil ayam goreng dan telur goreng mata sapi. Ada juga urap, sayur khas Aceh yang diolah dari daun singkong dan kentang yang digoreng renyah. Ia betul-betul menikmati sajian di pinggir jalan dengan rayuan angin sepoi-sepoi.

Sembari makan, Abu bercerita dan memberi motivasi kepada mahasiswa. Ia meminta mereka belajar yang rajin dan tetap menjadi pribadi yang santun.

“Kalian masa depan Aceh,” ujar Gubernur Zaini Abdullah.

Gubernur juga berharap, mahasiswa sebagai kaum intelektual harus menjadi pelopor dalam mengembangkan berbagai disiplin ilmu. Mereka, harus menjadi orang yang nantinya menciptakan lapangan kerja.

“Pemerintah Aceh mengharapkan kontribusi dari seluruh intelektual-intelektual Muda dari kampus ini. Buktikan bahwa saudara adalah kelompok pembaharu dan pengembang inovasi dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan rakyat Aceh,” kata Gubernur Zaini.

Sementara itu, Rektor UIN dan juga Rektor Unsyiah yang ikut makan bersama dengan gubernur Zaini memuji Abu Doto atas kepeduliannya terhadap kondisi pendidikan di Aceh.

Gubernur juga diapresiasi gubernur yang menginisiasi pembangunan jembatan Lamnyong. Jalan itu setiap harinya dilalui oleh sekitar 60 ribu mahasiswa dari Kampus UIN ar-Raniry, Unsyiah dan STIK Pante Kulu.

“Banyak ekspresi kegembiraan masyarakat Aceh dengan selesainya jembatan ini. Kami atas nama masyarakat khususnya mahasiswa mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan pihak DPR Aceh,” ujar Rektor Unsyiah, Samsul Rizal.

Pembangunan jembatan Lamnyong yang dilakukan sejak 10 September 2015 lalu itu, kata Samsul Rizal, akan membuat kawasan Kopelma Darussalam menjadi lebih maju. Pada akhirnya, majunya kawasan kampus akan berefek pada pada majunya Aceh.

Sumber : humas.acehprov.go.id