Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Menkopolhukam Yakin Pilkada Serentak di Aceh Berjalan Sukses

Politik & Hukum Sabtu, 28 Januari 2017 - Oleh opt2

Banda Aceh – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto optimis pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di Aceh yang akan berlansung dalam waktu dekat akan berjalan, aman, tertip dan sukses.

Hal tersebut disampaikan Wiranto seusai melaksanakan Rapat Pelaksanaan Kegiatan Pemantauan Kesiapan Akhir Pentahapan Pilkada Tahun 2017 di Gedung Serbaguna Setda Aceh, Jumat (27/1).


“Dari penjelasan Plt Gubernur Aceh secara menyeluruh dan detail tadi, sangat jelas bahwa kesiapan Aceh menghadapi Pilkada serentak sudah sangat lengkap, sangat siap dan tinggal melaksanakan,” kata Wiranto.

Wiranto mengatakan, kedatangannya ke Aceh untuk melihat lansung seberapa jauh kesiapan Provinsi Aceh yang menurut Bawaslu merupakan salah satu daerah dengan indeks kerawanan pemilu yang cukup tinggi dibandingkan dengan daerah lain.

Selain itu kata Wiranto, Aceh juga merupakan Provinsi dengan jumlah Kabupaten/kota terbanyak yang mengikuti Pilkada Serentak.

“Dengan adanya penjelasan dan laporan tadi, saya melihat bahwa ini sudah dapat di tekan, dan bahkan nyaris sama dengan daerah – daerah lain meskipun masih ada kerawanan-kerawanan yang bersifat normatif,” kata Wiranto.

Jika indeks kerawanan dapat ditekan kata Wiranto, maka pelaksanaan pilkada serentak di Aceh akan berjalan dengan aman.

“Saya juga berdialog dengan peserta dari Kabupaten / Kota, dan saya dapat menilai bahwa Aceh sudah betul-betul siap untuk menyelenggarakan pilkada serentak dengan kesiapan yang cukup prima sehingga kerawanan pemilu yang tadinya sangat tinggi sudah dapat ditekan,” ujar Wiranto

Wiranto berharap dengan kondisi tersebut, pilkada serentak yang akan diselenggarakan di Aceh akan berjalan aman, tertip dan sukses.

“Aman tidak ada gangguan, tertip pelaksanaannya sesuai prosedur, sukses memilih pemimpin yang berkualitas dan berintegritas,” ujar Wiranto seraya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu  menciptakan kondisi seperti yang diharapkan.

Wiranto juga berharap partisipasi masyarakat Aceh dalam pilkada nanti, karena pilkada juga untuk kepentingan masyarakat. “Kalau aman, tertip, kita bisa memilih pemimpin yang berkualitas, berintegritas, dan berkompetensi sehingga menguntungkan masyarakat, karena pembangunan akan berjalan dan sesuai harapan masyarakat,”.

“Saya menganggap bahwa kunjungan saya ke Aceh sudah membuahkan suatu keyakinan Pilkada serentak di Aceh mudah – mudahan dapat dilaksanakan sesuai harapan kita semua,” ujar Wiranto.

Pada kesempatan tersebut, Wiranto juga mengingatkan beberapa hal agar pilkada serentak di Aceh dapat berjalan aman dan sukses yaitu dengan tidak melakukan politisasi birokrasi, politik uang dan  intimidasi baik secara fisik maupun lewat media sosial.

Selain itu lanjut Wiranto, aparat keamanan harus bersikap tegas dan netral , memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pilkada untuk masa depan masyarakat dan daerah. Sementara itu, Pelaksana tugas Gubernur Aceh, Seodarmo mengatakan , bahwa Pemerintah Aceh bersama unsur Forkopimda dan pihak terkait lainya  akan berusaha semaksimal mungkin merubah prediksi hasil survey dari Bawaslu bahwa  aceh sebagai daerah paling rawan dalam pilkada nanti.

Sumber : humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 24 Jul 2017 18:01:59