Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Gampong Merduati Juara Lomba Masakan Pliek U Se-Kutaraja

Seni, Budaya & Hiburan Kamis, 19 Januari 2017 - Oleh opt2

Banda Aceh – Gampong Merduati berhasil menjadi juara pertama Lomba Masakan Kuah Pliek U se-Kecamatan Kutaraja. Selain trofi, ibu-ibu yang tergabung dalam pengurus Tim Penggerak PKK Merduati juga berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 2 juta. 

Adapun juara kedua dan ketiga diraih oleh Gampong Peulanggahan dan Gampong Lampaseh Kota yang juga berhak atas trofi dan dana pembinaan masing-masing Rp 1,5 juta dan Rp 1 juta. Sementara hadiah hiburan turut diberikan kepada tiga gampong lainnya yang ikut serta dalam ajang tersebut yakni Gampong Keudah, Gampong Jawa, dan Gampong Pande selaku tuan rumah.

Lomba masakan khas Aceh yang diselenggarakan oleh pengurus PKK Kecamatan Kutaraja itu berlangsung di Balai Gampong Pande, Rabu (18/1/2017). Pengumuman juara dan pembagian hadiah kepada juara pertama dilakukan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Banda Aceh Ny Buraida Bahagia yang didampingi oleh sejumlah pengurus DWP dan PKK Banda Aceh.

Dalam sambutan singkatnya, Ny Buraida mengungkapkan kriteria penilaian yang dilakukan terhadap Kuah Pliek U para peserta yakni rasa dan orisinalitas bahan-bahan maupun bumbu yang digunakan. “Masakannya harus benar-benar kuah pliek u, bukan sekedar kuah lemak,” katanya.

Ia mengharapkan perlombaan tersebut dapat menjadi salah satu upaya pelestarian Kuah Pliek U sehingga generasi selanjutnya dapat lebih mengenal dan tetap dapat menikmati salah satu masakan khas Aceh itu. “Jangan sampai anak-anak kita nanti hanya mengenal fast food saja sehingga lupa dengan Kuah Pliek U,” harap Ny Buraida yang juga bertindak sebagai salah satu dewan juri.

Acara semakin semarak tatkala Plt Wali Kota Banda Aceh Hasanuddin beserta rombongan tiba di lokasi. Bersama sejumlah Kepala SKPK dan unsur Muspika Kutaraja, Hasanuddin ikut mencicipi masakan ibu-ibu dari enam gampong yang ikut serta dalam lomba tersebut. Acara kemudian ditutup dengan makan bersama, dan tentu saja dengan menu utama Kuah Pliek U yang begitu menggugah selera.

Sumber : humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 24 Sep 2017 18:05:36