Sekda Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke 52

Kesehatan Selasa, 15 November 2016 - Oleh opt2

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM memimpin Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke -52 di Halaman Kantor Gubernur Aceh, Senin (14/11)

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 52 kali ini mengangkat tema Indonesia Sehat dengan sub tema Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek,SpM (K) dalam sambutannya yang dibacakan Dermawan menyampaikan, tema tersebut dimaksudkan untuk membangkitkan kembali pesan-pesan kesehatan bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat, berpastisipasi aktif dalam jaminan nasional.

“Melalui pesan-pesan tersebut diharapkan akan terbangun kemandirian masyarakat yang sadar akan kesehatan untuk mencapai Indonesia sehat,” kata Nila.

Nila Farid menjelaskan, Dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (2005-2024) menetapkan, pembangunan kesehatan menuju ke arah pengembangan upaya kesehatan, dari upaya kesehatan yang bersifat Kuratif bergerak ke arah upaya kesehatan Preventif dan Promotif, sesuai kebutuhan dan tantangan kesehatan.

“Indonesia menghadapi masalah kesehatan triple burden, yaitu masih tingginya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular dan muncul kembali penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi.” Ujar Nila.

Untuk mengatasi masalah tersebut kata Nila, diperlukan upaya pendekatan promotif dan preventif yang sangat efektif untuk menjawab berbagai tantangan kesehatan.

Pencegahan penyakit menular maupun tidak menular lanjut Nila sangat tergantung pada perilaku individu. Yang didukung dengan kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan kesehatan, menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas serta dukungan regulasi.

“Program prioritas Pembangunan Kesehatan pada periode 2015-2019 dilaksanakan melalui Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, sekaligus sebagai tindak lanjutnya telah terbit Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga,” kata Nila.

Peringatan HKN ke 52 kata Nila merupakan momen untuk berbagi tantangan dan menguatkan komitmen, meningkatkan tekad dan semangat untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan, dalam pencapaian derajat kesehatan harus menjadi konsep pembangunan nasional.

Sumber : humas.acehprov.go.id

 

Last Update Generator: 23 May 2017 18:05:35