Indeks Berita
Kamis, 02 Maret 2017
Sumber: DPRA

KOMISI I DPRA

menerima nama-nama calon Komisioner KPI Aceh...
Rabu, 01 Maret 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Selatan

260 Gampong Terima Pagu Indikatif Dana Desa

Bupati Aceh Selatan HT. Sama Indra saat menyerahkan pagu indikatif dana gampong tahun 2017 kepada perwakilan keuchik di rumoh agam, Tapaktuan, Selasa (28/2/2017).
Rabu, 01 Maret 2017
Sumber: Feed

Bolehkah Memberi Hadiah untuk Memotivasi Muzakki?

 

Bolehkah kita mengajak / mengimbau orang untuk berzakat dengan memberikan rangsangan hadiah atau fasilitas kemudahan tertentu?

                                                                                                            Penanya:      Agus

 

Prinsip pokok zakat adalah zakat yang telah memenuhi ketentuan yang dikeluarkan oleh seorang muslim lalu diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya, dengan niat ikhlas mencari ridha Allah SWT. Zakat adalah ibadah, sedangkan ibadah itu sendiri tidak mungkin akan diterima oleh Allah SWT kecuali dengan memenuhi dua persyaratan utama, yaitu ikhlas karena Allah dan dilakukan sesuai dengan petunjuk Rasulullah SAW.

Hal ini sejalan dengan firman Allah swt dalam surat Al-bayyinah ayat lima.

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali beribadah kepada Allah swt dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama dengan lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan demikian itulah agama yang lurus”.

Akan tetapi, dengan tujuan mendidik dan membiasakan muzakki membayar zakatnya, dan sifatnya sementara, maka boleh-boleh saja memberikan hadiah atau fasilitas dan kemudahan tertentu bagi para muzakki. Juga boleh saja jika memberikan tindakan keras bagi orang yang ingkar terhadap kewajiban membayar zakat, seperti dilakukan khalifah Abu Bakar ash-shiddiq r.a…

Sumber: Buku Panduan Praktis Tentang Zakat Dan Infaq, Tahun 1998 karya Drs K H Didin Hafidhuddin, M. Sc

Selasa, 28 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Tengah

Aceh Tengah Gelar Seleksi Prakualikasi Danone National Club

Takengon- Seleksi pertandingan sepakbola Prakualikasi Danone National Club usia 12 tahun kembali digelar di Kabupaten Aceh Tengah.
Jumat, 24 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Selatan

Aceh Selatan Menuju Minapolitan

Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra, SH didampingi Ka. DKP Cut Yusminar dilokasi tambak pokdakan Kuala Tuha kec. Kluet Selatan
Jumat, 24 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Selatan

Wabub Hadiri Pembukaan Pleno KIP Aceh Selatan

Lima Komisioner KIP Aceh Selatan yang memimpin jalannya pleno rekapitulasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022 di kabupaten Aceh Selatan
Selasa, 21 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Tengah

Pemilik Akun Medsos Harus Punya Sertifikat Digital.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) baru saja bertemu dengan pihak Twitter hari ini, Senin, 20 Februari 2017. Pertemuan ini sama dengan yang telah dilakukan Kemenkominfo bersama Facebook,…
Senin, 20 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Jaya

Bupati Aceh Jaya buka Musrembang Kecamatan Krueng Sabee

Calang, Bupati Aceh Jaya Ir.H. Azhar Abdurrahman membuka musyawarah rencana Pembangunan ( Musrembang ) Kecamatan Krueng Sabee di Gedung PKM Gampong Keudee Krueng Sabee Senin, 20 Pebruari 2016.
Senin, 20 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Tengah

Ini Rangkaian Kegiatan Peringatan 440 Tahun Kota Takengon

Takengon - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Takengon ke-440 yang diperingati, Rabu (17/2/2017) berikutnya akan dirangkai dengan berbagai kegiatan.
Jumat, 17 Februari 2017
Sumber: Feed

BMA Terima Hasil Sayembara Desain Rumah Fakir Miskin

Banda Aceh – Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa, MA menerima desain renovasi rumah fakir miskin hasil sayembara tingkat mahasiswa yang diselenggarakan Prodi Arsitektur, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Ar-Raniry, Jumat (17/02/2017) di aula kantor Baitul Mal Aceh.

Ada tiga model desain tersebut yaitu juara I, II dan III yang diserahkan langsung Ketua Prodi Arsitektur, Muammar Yulian, M. Si. Katanya ketiganya merupakan hasil karya mahasiswa yang baru duduk smester III di jurusan tersebut.

“Walaupun mereka masih smester III, mereka langsung kita suruh praktik lapangan, Alhamdulillah mereka sudah mampu mendesainnya dengan mengambil sampel sebuah rumah warga miskin di Seot Baroh, Aceh Besar,”ujar Muammar.

Ia mengatakan pihaknya siap membantu dan berkerjasama berkelanjutan dengan Baitul Mal Aceh dalam bidang desain model rumah yang diingikan. Sekaligus ia meminta Baitul Mal Aceh untuk memberi rekomendasi ketiga model tersebut untuk dipilih yang lebih bagus untuk diberikan penghargaan kepada mahasiswa.

“Kita ingin mahasiswa selain belajar teori juga bersentuhan langsung dengan masyarakat dan berkontribusi terhadap sosial masyarakat itu sendiri,”imbuhnya.

Sementara itu Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr Armiadi Musa, MA mengapresiasi hasil karya mahasiswa tersebut dari hasil sayembara. Ia menyebutkan Baitul Mal Aceh juga siap menampung hasil karya mahasiswa.

“Kita memang tidak ada anggaran untuk kerjasama ini, tapi baitul mal siap memberi data yang dibutuhkan, misalnya seperti apa gambaran rumah fakir miskin,”tandasnya.

Kamis, 16 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Selatan

Disdukcapil Asel Keluarkan Ribuan SK Pengganti E-KTP

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Aceh Selatan H. Lahmuddin,S.Sos,MM saat menandatangi Surat Keterangan pengganti E-KTP.
Rabu, 15 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Selatan

Bupati Sama Indra Salurkan Hak Suara di TPS 2

Bupati Aceh Selatan HT. Sama Indra,SH beserta ibu, diabadikan bersama setelah pencoblosan pada Pilkada Aceh 2017 di TPS 2 Gampong Hilir Tapaktuan.
Selasa, 14 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Jaya

Apel Pergeseran Personil PAM TPS

Calang-Kapolres Aceh Jaya AKBP Riza Yulianto bersama Bupati Aceh Jaya Ir. H. Azhar Abdurrahman pagi tadi melakukan pengecekan personil PAM TPS. Pengecekan tersebut berlangsung saat apel pergeseran personil…
Senin, 13 Februari 2017
Sumber: Kabupaten Aceh Jaya

Bupati Aceh Jaya Serah Terimakan Satlinmas Ke polres Aceh Jaya

Calang, Bupati Aceh Jaya Ir. Azhar Abdurrahman serahterimakan 366 orang Satlinmas kepada Kapolres Aceh jaya AKBP Riza Yulianto di halaman Kantor Bupati Aceh Jaya Senin 13 Februari 2017.
Jumat, 10 Februari 2017
Sumber: Feed

Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Kepala Baitul Mal Aceh

Berhubung hasil seleksi administrasi calon kepala Baitul Mal Aceh telah diumumkan, kepada seluruh masyarakat Aceh dapat memperoleh informasi dengan mendownload di bawah ini…

download-button