Obyek Wisata Brayeun

Kategori : Objek Wisata Kamis, 08 Mei 2014 - Oleh

Jika Anda suka jalan-jalan dan rekreasi, Jangan lewatkan Tempat Wisata yang satu ini. Jika dibandingkan tempat-tempat yang lain, tempat ini menjadi sebuah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Sebutannya adalah “BRAYEUN”, Nama yang unik tapi itulah tempatnya. BRAYEUN merupakan sebuah lembah yang dibatasi oleh bendungan sehinggan membentuk seperti sebuah Kolam yang sangat eksotis, dan pemandangan alam pegunungannya yang masih alami, serta tempatnya sejuk, indah dan juga nyaman.

BRAYEUN dapat dikatagorikan sebagai salah satu tempat wisata yang baru yang memiliki daya tarik tinggi sehingga paling diminati oleh para wisatawan.

BRAYEUN terletak di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, atau lebih kurang 20 Km dari pusat Kota Banda Aceh (2,5 Km dari Kantor Polsek Leupung). Sebelum sampai tempat Wisata BRAYEUN, kita dapat menikmati indahnya pemandangan laut Lhoknga yang memukau, serta pemandangan Gunung yang memukau dikiri dan kanan sepanjang jalan yang kita lalui.

Pada saat menuju tujuan, akses menuju BRAYEUN sudah memadai, seluruh jalan masuk kawasan tersebut sudah teraspal dengan mulus. Biaya masuk ke area Wisata tergolong paling murah dibandingkan dengan tempat-tempat wisata lainnya, yaitu Rp.3.000,-/ Orang untuk Dewasa dan khusus untuk anak-anak “GRATIS”.

Dengan adanya tempat wisata ini, warga sekitar telah mendapat dampak positifnya, sebagai contoh saat memasuki wilayah wisata BRAYEUN, kita tidak perlu susah payah untuk mencari tempat parkir karena telah disediakan oleh Warga Lokal dengan biaya: sepeda motor Rp 2.000  dan mobil Rp 10.000 namun semua itu tanpa ada tanda bukti pembayaran, karena dikelola oleh pemilik lahan parkir sendiri. Di sekeliling lahan pemandian sudah banyak terdapat warung-warung dan bahkan Cafe yang menyediakan berbagai makanan dan minuman.

Di tempat wisata BRAYEUN pengunjung dapat menikmati segar dan dinginnya aliran air pemandiannya secara Cuma-Cuma alias “GRATIS”. Namun jika anda ingin menggunakan fasilitas yang lainnya, Anda tinggal menyewa pada penyedianya. Baik itu Perahu Bebek, Sekoci ukuran Besar dan Kecil dan juga Ban untuk berkeliling Sungai.

Saya dan sebagian Besar wisatawan, memanjakan diri untuk mencoba dinginya Air pemandian tersebut. Nggak terbayangkan sebelumnya, ternyata begitu masuk kedalam pemandian, “Huuu... dingin dan segarnya air” membuat badan terasa segar kembali setelah menempuh perjalanan panjang yang kami lalui dengan teman-teman. Setelah lama berendam dan berenang kami mulai merasakan dingin sehingga harus bergegas ke Warung / Cafe untuk mencari sedikit kehangatan.

Setelah menentukan tempat pilihan, akhirnya kami memilih “Cafe Kak Noeng”. Saya dan Kawan-kawan terkejut, saat melihat tingkah laku sang pemilik cafe yang suka Blak-blakan, mungkin sebagian pengunjung heran dengan tingkah laku Kak Noeng, namun itu semua membuat nilai tambah tersendiri bagi kami, karena keramah-tamahan serta canda tawanya, sehingga kami tidak bosan dengan tempat wisata tersebut dan ingin berkunjung kembali jika ada kesempatan.

Jika sobat sekalian berkunjung ke Banda Aceh, jangan lupa untuk mengunjungi Tempat Wisata “BRAYEUN” yang INDAH dan NYAMAN serta Harga yang TERJANGKAU. Sekian dulu Sharing kita, semoga bermanfaat bagi Sobat sekalian dan dapat menambah Daftar Tempat Wisata untuk anda kunjungi pada saat liburan.

Tulisan dibagi oleh Andriadi, A.Md dan dipublikasikan juga pada blog pribadi  http://lokerbandaaceh.blogspot.com