Peringatan 11 Tahun Tsunami Aceh

Sabtu
Dec, 26

Peringatan 11 Tahun Tsunami Aceh

Lokasi : Lapangan Blang Padang Banda Aceh
URL : http://disbudpar.acehprov.go.id/kalender-event-2015/
Waktu : 26 Dec 2015


1. Profil Kegiatan

Terjadinya Gempa dengan kekuatan 8,9 skala richter dan disusul dengan gelombang tsunami telah menghancurkan sebahagian pesisir Aceh pada tanggal 26 desember 2004. Kehilangan ribuan nyawa dan kehancuran yang luar biasa telah menimbulkan kehancuran ekonomi Aceh dengan kerusakan berbagai sarana dan prasarana ekonomi dan SDM. Kehilangan nyawa manusia diperkirakan 250 ribu akibat dampak langsung dari bencana tersebut. Bencana ini telah menjadi tragedi menkutkan dalam sejarah kemanusiaan.

Banda Aceh sebagai Ibukota Provinsi Aceh juga mengalami kerusakan dengan jumlah korban yang relatif besar, khususnya di kawasana Pantai Ulee lheu. Diperkirakan hanya 650 orang yang selamatdari jumlah penduduk 6.500 orang dengan jumlah korban tersebar adalah anak- anak, wanita dan orang tua. Beberapa daerah lainnya, seperti calang, Meulaboh dan Aceh Besar juga mengalami kerusakan yang serius dengan jumlah korban yang relatif besar.

Mengunjungi kawasan wisata Tsunami Aceh, selain objek wisata alam lainnya berdasarkan karakteristik dan lingkungan alam, telah menjadi sebuah trend terkini bagi wisatawan. Menikmati berbagai peninggalan Tsunami, pengetahuan tentang sejarah atau penelitian tentang cara hidup masyarakat di masa lalu sekaligus kembali mengingat masa lalu akan berbagai kejadian selama tsunami menjadi tujuan utama wisatawan untuk berkunjung ke kawasan tsunami Aceh

 

2. Lokasi/Rencana Kegiatan

Lokasi acara direncanakan akan digelar di Lapangan Blang Padang Banda Aceh pada tanggal 26 Desember 2015.

 

3. Peserta

Masyarakat Umum, Tamu Undangan dari Luar dan Dalam Negeri, Pelaku Pariwisata.

Last Update Generator: 21 Nov 2017 00:08:48