Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Aceh

Lomba Penelitian Kebijakan dan Inovasi Teknologi Transportasi

Kategori : Kompetisi Senin, 29 Februari 2016 - Oleh opt3

Transportasi merupakan pendukung utama dalam pembangunan Indonesia dan menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan sebagai regulator, dengan menitik beratkan pada peningkatan kualitas pelayanan, keselamatan dan keamanan. Berbagai masalah di bidang transportasi semakin kompleks, sehingga solusi pemecahannyapun menjadi semakin sulit.Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbang Perhubungan) sebagai bagian dari Kementerian Perhubungan memiliki tugas untuk menelaah berbagai permasalahan tersebut dan mencari solusi untuk peningkatan pelayanan, keselamatan dan keamanan transportasi. Dengan demikian, setiap kebijakan transportasi yang ditetapkan merupakan hasil dari suatu penelitian (evidence based decision making). Balitbang Perhubungan dalam posisinya sebagai Research and Development Center sektor transportasi menjadi bahagian penting dalam penetapan kebijakan-kebijakan strategis di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Pembaruan dan reformasi sektor transportasi merupakan satu upaya reformasi yang dilaksanakan oleh Balitbang Perhubungan menuju lembaga penelitian yang kompeten dengan didukung riset terapan dan rekayasa atau engineering research dari berbagai lembaga riset, serta dalam rangka membantu daerah dengan “klinik transportasi”nya yang memecahkan berbagai permasalahan transportasi. Balitbang Perhubungan juga telah membangun kolaborasi penelitian dengan universitas dan lembaga-lembaga penelitian nasional dan internasional untuk mengembangkan riset transportasi. Hal ini juga dipercepat dengan mewujudkan sinergisitas penelitian dalam bidang kebijakan transportasi dan inovasi teknologi transportasi. Selain itu ada kebutuhan yang riil agar Balitbang Perhubungan menjadi lembaga riset yang sangat berkompeten, terpercaya, dan kredibel baik pada tingkatan nasional maupun regional dan global. Pengembangan riset akan dapat memberikan pandangan baru dan gambaran ke depan terhadap langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh Balitbang Perhubungan untuk meraih tagline-nya sebagai “The Power of Transport Development”.

Pelaksanaan lomba penelitian transportasi merupakan agenda penting tahunan yang telah dilaksanakan oleh Balitbang Perhubungan dalam tiga tahun terakhir ini dengan maksud meningkatkan peran serta masyarakat dalam mencermati berbagai permasalahan transportasi khususnya di daerah serta pemanfaatan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kegiatan lomba penelitian ini menampung ide kreatif yang inovativ dan mendorong terciptanya riset dikalangan masyarakat dalam memanfaatkan transportasi diwilayahnya masing-masing melalui tulisan ilmiah. Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Perhubungan dan Perguruan Tinggi di daerah, sehingga kerjasama ini diharapkan dapat mewujudkan singkronisasi perencanaan dan kebijakan transportasi secara nasional dan kebutuhan masing-masing daerah.

Pada tahun 2016 ini, tema yang akan diangkat dalam lomba adalah Melalui Inovasi Teknologi, Kita Tingkatkan Pelayanandan Keselamatan Penerbangan. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, lomba yang akan dilaksanakan juga berbasis web dan dibagi dalam dua kategori, yaitu Kategori I: SLTA dan S1, dan Kategori II: S2 dan S3. Penyelenggaraan Lomba Penelitian berdasarkan pada 10 (sepuluh) Regional, yaitu : Medan (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau dan Jambi); Palembang (Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung); DKI Jakarta (Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat); Surabaya (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur); Yogyakarta (Jawa Tengah dan DI Yogyakarta); Pontianak (Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur); Makasar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara); Manado (Sulawesi Utara dan Gorontalo); Ambon (Maluku dan Maluku Utara); Jayapura (Papua dan Papua Barat). Peserta lomba dari masing-masing regional dapat memperoleh infortmasi dan mendaftar serta megirimkan hasil penelitiannya melalui website http://lombalitbanghub.dephub.go.id/.

Menteri Perhubungan R.I. telah melakukan launching halaman website Lomba Penelitian Transportasi Tingkat Nasional 2016, sebagai bagian acara Rakornis Badan litbang Perhubungan. Dalam sambutannya, Menteri Perhubungan mengharapkan kegiatan lomba dapat meningkatkan minat penelitian dalam bidang perhubungan dan dapat diikuti oleh lebih banyak peserta dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Aturan lomba, syarat peserta dan info lengkap lainnya dapat lihat di sini

 

Website http://dishubkomintel.acehprov.go.id/
Last Update Generator: 23 Jul 2017 06:02:55